Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

RANCANG BANGUN MONITORING SUHU RADIATOR DAN MEMBERIKAN SUARA PERINGATAN SAAT SUHU MELEBIHI BATAS NORMAL PADA MOTOR YAMAHA VIXION

KOPONG, MARIANUS and Suhendra, Tonny and Refly, Septia Refly (2024) RANCANG BANGUN MONITORING SUHU RADIATOR DAN MEMBERIKAN SUARA PERINGATAN SAAT SUHU MELEBIHI BATAS NORMAL PADA MOTOR YAMAHA VIXION. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Marianus Kopong_190120201052_Teknik Elektro_Cover.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Text (Abstrak)
Marianus Kopong_190120201052_Teknik Elektro_Abstrak.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (Bab 1)
Marianus Kopong_190120201052_Teknik Elektro_Bab 1.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Daftar Pustraka)
Marianus Kopong_190120201052_Teknik Elektro_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (Full Teks)
Marianus Kopong_190120201052_Teknik Elektro_Skrisi Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Motor Yamaha Vixion merupakan kendaraan yang memiliki mesin berkapasitas 150cc, dan memiliki sekitar 7500 - 8500rpm. Pembakaran yang besar juga pastinya menghasilkan panas yang tinggi. Maka dalam penelitian ini akan merancang sebuah alat untuk memantau suhu radiator. Selain itu saat suhu radiator mencapai 80oC maka Buzzer akan berbunyi, kemudian mati saat suhu mencapai 81oC dan seterusnya, pada suhu mencapai 80oC LCD akan menaplikan kalimat peringatan, kemudian jika suhu sudah mencapai 95oC dan seterusnya maka Buzzer akan berbunyi kembali, dan LCD juga akan menampilkan kalimat untuk mematikan mesin. Kalimat tersebut akan ditampilkan sampai suhu kembali kurang dari 95oC. Masing-masing suhu awal saat pengujian ialah pertama 32,17oC, kedua 35,72oC, dan ketiga 33.18oC. data suhu dalam ketiga pengujian suhu hampir sama, namun pada pengujian kedua saat pengujian baru berjalan sekitar 36 menit suhu naik sampai 95,16oC dikarenakan jalur yang dilalui banyak tanjakan. Dalam setiap pengujian tepatnya pada saat 80oC suhu air radiator menjadi tidak stabil, hal ini dikarenakan pada saat suhu mesin mencapai 80oC maka Thermostat akan terbuka, pompa dan kipas akan bekerja. Disaat Thermostat baru terbuka maka panas air radiator belum merata antara air yang sebelumnya berada dalam tampungan dan yang berada pada mesin. Dalam tiga kali uji lapangan yang dilakukan pada penelitian ini dapat diketahui bahwa dari suhu awal sampai 80oC hanya dalam 4 sampai 6 menit saja, kemudian dari 80oC sampai 95oC ialah 51-56 menit, ini menandakan bahwa jika berkendara dalam kecepatan tinggi menggunakan motor Yamaha Vixion seperti yang dilakukan pada penelitian ini tidak boleh terlalu lama.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDSuhendra, TonnyNIDN.0018128004
UNSPECIFIEDRefly, SeptiaNIP. 199409092020122007
Subjects: 600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 620 - 629 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan) > 623.8 Nautical Engineering and Seamanship/Teknik Perkapalan, Teknik Nautika dan Ilmu Angkatan laut
600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 660 - 669 Chemical Engineering and Related Technologies (Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: user Teknik Elektro
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:01
Last Modified: 05 Aug 2024 02:01
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/7864

Actions (login required)

View Item View Item