Selly, Selly and Nurul, Asikin and Azza, Nuzullah Putri (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
SKRIPSI SELLY.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran permainan ular tangga materi klasifikasi makhluk hidup yang valid dan praktis digunakan dalam kegiatan belajar siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (research and development) model pengembangan Plomp. Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan 4 fase, yaitu: 1) fase investigasi awal, 2) fase desain, 3) fase realisasi, dan 4) fase tes, evaluasi dan revisi. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga diketahui bahwa hasil validasi ahli media menunjukkan aspek tampilan media termasuk kategori “sangat valid” dengan rata-rata persentase 85% dan hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa aspek materi pembelajaran termasuk kategori “sangat valid” dengan rata-rata skor persentase 87,5%. Hasil praktikalitas berdasarkan respon guru “sangat praktis” dengan persentase sebesar 82,5% dan hasil praktikalitas berdasarkan respon siswa “sangat praktis” dengan persentase sebesar 82,9%, maka media pembelajaran permainan ular tangga materi klasifikasi makhluk hidup dikategorikan valid dan praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA di kelas VII SMP.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 21 Jul 2021 02:51 |
Last Modified: | 21 Jul 2021 02:52 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/792 |
Actions (login required)
View Item |