Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS HAMBATAN GURU BIOLOGI PADA PELAKSANAAN STANDAR PROSES KURIKULUM 2013 DI SMA SE-KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS

Ardian, Ardian and Nevrita, Nevrita and Nurul, Asikin (2019) ANALISIS HAMBATAN GURU BIOLOGI PADA PELAKSANAAN STANDAR PROSES KURIKULUM 2013 DI SMA SE-KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
ARDIAN_140384205030_SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan dan faktor-faktor yang menghambat guru dalam pelaksanaan standar proses kurikulum 2013 di SMA se-Kabupaten Kepulauan Anambas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui instrumen kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kuesioner dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data standar proses yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran dan faktor-faktor yang menghambat guru. Observasi digunakan untuk mengetahui tingkat pelaksanaan pembelajaran di kelas dan dokumentasi digunakan untuk hambatan guru dalam persiapan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa beberapa hambatan yang masih dialami guru yaitu jarak dan lokasi sekolah yang tidak strategis, komunikasi dan transportasi yang belum memadai serta sarana prasarana dan waktu pembelajaran yang terbatas. Adapun keterlaksanaan standar proses pada perencanaan pembelajaran yang dialami guru dikategorikan hambatan rendah sekali dengan keseluruhan rata-rata persentase 81,83%. Hambatan pelaksanaan pembelajaran pada hasil data kuesioner yang dialami guru dikategorikan rendah dengan keseluruhan rata-rata persentase 75,18%, sementara pada hasil data observasi termasuk dalam kategori hambatan rendah dengan keseluruhan rata-rata persentase 75,68%. Pada penilaian pembelajaran hambatan yang dialami guru dikategorikan rendah dengan keseluruhan rata-rata persentase 72,32%. Hasil tersebut menunjukan bahwa guru tidak mengalami hambatan dalam melaksanakan standar proses kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 21 Jul 2021 03:19
Last Modified: 21 Jul 2021 03:19
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/801

Actions (login required)

View Item View Item