RAMMDHONA, SHERLY and Iranita, Iranita and Paramita, Bunga (2024) PENGARUH LIVE STREAMING DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA TIKTOK SHOP (STUDI PADA MAHASISWA GENERASI Z DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS MARITIM UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI). S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
SHERLY_RAMMDHONA_2004020096_Manajemen - Cover.pdf - Published Version Download (785kB) |
|
Text (Abstrak)
SHERLY_RAMMDHONA_2004020096_Manajemen - Abstrak.pdf - Published Version Download (208kB) |
|
Text (BAB I)
SHERLY_RAMMDHONA_2004020096_Manajemen - BAB I.pdf - Published Version Download (545kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
SHERLY_RAMMDHONA_2004020096_Manajemen - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (452kB) |
|
Text (Full Teks)
SHERLY_RAMMDHONA_2004020096_Manajemen - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh live streaming dan motivasi belanja hedonis terhadap impulse buying melalui emosi positif sebagai variabel intervening pada pengguna TikTok Shop. Populasi didalam penelitian adalah 1.647 orang Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Maritim Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling, maka jumlah sampel sebanyak 322 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pada kuesioner dilakukan test validitas dan realibilitas. Metode analisis yang digunakan adalah uji deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis jalur (path analysis) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emosi positif tidak mampu memediasi antara live streaming, dan motivasi belanja hedonis terhadap impulse buying dikarenakan pengaruh langsung live streaming terhadap emosi positif lebih besar. Live streaming secara parsial berpengaruh signifikan terhadap emosi positif, motivasi belanja hedonis secara parsial berpengaruh signifikan terhadap emosi positif. Live streaming secara parsial berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, motivasi belanja hedonis secara parsial berpengaruh signifikan terhadap impulse buying dan emosi positif secara parsial berpengaruh terhadap impulse buying. Berdasarkan hasil penelitian, TikTok Shop diharapkan tetap mempertahankan dan terus berupaya meningkatkan impulse buying dengan memperhatikan faktor-faktor apa saja yang dapat menunjang impulse buying selain melalui live streaming dan motivasi belanja hedonis.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen | |||||||||
Depositing User: | user manajemen | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2024 06:51 | |||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2024 06:51 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8045 |
Actions (login required)
View Item |