SURYA DINATA, ADITYA and Arieta, Siti and Setiandika Igiasi, Teguh (2024) KEKERASAN VERBAL YANG TERBENTUK DI KALANGAN GAMER. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Aditya Surya Dinata_190569201063_Sosiologi_Cover.pdf - Published Version Download (478kB) |
|
Text (Abstrak)
Aditya Surya Dinata_190569201063_Sosiologi_Abstrak.pdf - Published Version Download (86kB) |
|
Text (BAB 1)
Aditya Surya Dinata_190569201063_Sosiologi_BAB 1.pdf - Published Version Download (133kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Aditya Surya Dinata_190569201063_Sosiologi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (122kB) |
|
Text (Full Teks)
Aditya Surya Dinata_190569201063_Sosiologi_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Game online merupakan sebuah permainan secara daring yang dapat dimainkan secara bersamaan oleh beberapa orang. Game online sendiri begitu candu dikalangan para pemain game atau biasa disebut gamer. Dalam bermain game online para gamer ini dapat berkomunikasi satu sama lain secara online, tetapi terkadang karena kemudahan berkomunikasi tersebut justru ditemukan komunikasi yang tidak sehat yang mengarah pada bentuk-bentuk kekerasan verbal antara para gamer tersebut. Kekerasan verbal memiliki beberapa bentuk seperti merendahkan, name-calling, menyalahkan, memaki, dan juga mencancam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang terjadi pada para gamer akibat dari menerima kekerasan verbal. Pada penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik dari George H. Mead. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekerasan verbal di kalangan gamer tersebut terjadi dari berbagai macam keadaan yang tidak menyenangkan di lingkungan bermain. Penelitian ini juga menemukan bahwasanya gamer yang mengalami kekerasan verbal juga terjadi pada seorang perempuan. Faktor lingkungan menjadi salah satu alasan kuat kekerasan verbal terjadi di kalangan gamer. Bentuk kekerasan verbal pada penelitian ini seperti memaki, merendahkan, dan penghinaan yang mengakibatkan pada rasa trauma yang dirasakan oleh para gamer sehingga memilih untuk menjauh dari lingkungan sekitar dan mengasingkan diri dari lingkungan sekitar. Kata Kunci: Game online, Kekerasan Verbal, Trauma
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 303.6 Conflict Social/Konflik Sosial | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi | |||||||||
Depositing User: | user sosiologi | |||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2024 08:26 | |||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2024 08:26 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8299 |
Actions (login required)
View Item |