NAINGGOLAN, RUSTANI and Widhia Sabekti, Ardi and Fitriani, Rita (2025) EFEKTIVITAS PRAKTIKUM KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN MICROSCALE GLASSWARE KITS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
![]() |
Text (Cover)
Rustani_Nainggolan_2103040017_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version Download (578kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Rustani Nainggolan_2103040017_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version Download (146kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
Rustani Nainggolan_2103040017_Pendidikan Kimia_BAB 1.pdf - Published Version Download (162kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Rustani Nainggolan_2103040017_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (273kB) |
![]() |
Text (Full Teks)
Rustani_Nainggolan_2103040017_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran kimia di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Madani Bintan, yang masih jarang melakukan praktikum serta belum pernah menilai aspek Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas praktikum kesetimbangan kimia dengan menggunakan Microscale Glassware Kits (MGK) dalam meningkatkan KPS siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan desain One-Group Pretest-Posttest yang melibatkan 17 siswa kelas XI sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui tes sebelum dan sesudah pelaksanaan praktikum. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sehingga analisis dilanjutkan dengan uji Paired Sample t-test yang mengungkapkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest siswa, di mana rata-rata nilai posttest yaitu 76,76 sedangkan nilai rata-rata pretest siswa yaitu 18,08. Uji Effect Size memberikan interpretasi Strong Effect yaitu 7,2950 yang menunjukkan bahwa perlakuan memiliki pengaruh yang sangat tinggi. Hal ini sejalan dengan hasil uji normalized gain (N-Gain), yang menunjukkan persentase sebesar 71,61% dengan interpretasi Cukup Efektif dalam meningkatkan KPS siswa. Selain itu, hasil observasi KPS siswa selama proses praktikum kesetimbangan kimia menunjukkan interpretasi keterampilan “Sangat Baik” dengan rata-rata KPS siswa sebesar 87,74%. Implikasi dari penelitian ini yaitu penggunaan MGK memberikan solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran praktikum. Dengan alat ini, siswa dapat lebih mudah memahami konsep kesetimbangan kimia melalui pengalaman langsung yang aman, hemat bahan kimia, dan ramah lingkungan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 05 Feb 2025 06:41 | |||||||||
Last Modified: | 05 Feb 2025 06:41 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8466 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |