SEPTY, REGAWANI and Yudhanto, Satyagraha Adiputra and Nur, Aslamaturrahmah Dwi Putri (2019) IMPLEMENTASI RETRIBUSI PARKIR TEPI JALAN UMUMDI KECAMATAN BINTAN TIMUR KABUPATEN BINTAN TAHUN 2017. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
SKRIPSI SEPTY REGAWANI BOOKMARK.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Retribusi parkir tepi jalan umum dikelola dengan serius dan strategi yang tepat, maka penerimaan retribusi parkir ditepi jalan umum akan memberikan kontribusi yang besar bagi penerimaan retribusi daerah secara khusus dan pendapatan asli daerah secara umum. Namun pencapaian penerimaan retriusi daerah secara khusus dan pendapatan asli daerah secara umum. Namun pencapaian penerimaan retribusi parkir di tepi jalan umum yang diperoleh akan berkurang apabila petugas pemungut retribusi parkir di tepi jalan umum tidak bekerja maksimal. Oleh sebab itu kemampuan petugas pemungut retribusi parkir di tepi jalan umum sangat di butuhkan untuk bisa melakukan penerimaan secara maksimal, serta meminimalisir penyelewengan penyelewengan dalam penerimaan retribusi parkir di tepi jalan umum. Misalnya ada petugas pemungut retribusi parkir di tepi jalan umum yang nakal, dengan tidak menyetorkan hasil penerimaan retribusi parkir di tepi jalan umum yang dipungut pada jalan-jalan tertentu. Tujuan penelitian ini pada dasarnya adalah untuk mengetahui Implementasi Retribusi Parkir Tepi Jalan Umum Di Kecamatan Bintan Timur Kabupaten Bintan dengan menggunakan teori Van Meter dan Van Horn (dalam Subarsono, 2011: 99). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan informan sebanyak 12 orang serta menggunakan teknik dan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa implementasi retribusi parkir tepi jalan umum di Kecamatan Bintan Timur Kabupaten Bintan belum berjalan dengan baik. Adapun faktor penghambat adalah sebagai berikut penyampaian informasi sudah dilakukan kepada masyarakat dan pihak terkait. Namun masih ada masyarakat yang belum mengetahuinya karena sosialisasi hanya sebatas memberikan spanduk atau plang tanpa penjelasan lebih lanjut. Dari dimensi sumber daya belum berjalan dengan baik karena petugas juru parkir resmi yang ada selama ini tidak sesuai dengan lingkup wilayah yang ditetapkan sehingga target dari pemungutan retribusi parkir tidak dapat terealisasi dengan baik. Sumberdaya manusia yang tidak memadahi (jumlah dan kemampuan) berakibat tidak dapat dilaksanakannya program secara sempurna karena mereka tidak bisa melakukan pengawasan dengan baik. Kata Kunci : Implementasi, Retribusi Parkir.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 363.6 Public Utilities and Related Topics/Masalah Utilitas Umum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | admin fisip fisip |
Date Deposited: | 21 Jul 2021 09:03 |
Last Modified: | 21 Jul 2021 09:03 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/857 |
Actions (login required)
View Item |