SARIDA, R. and Izzati, Nur and Febrian, Febrian (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
![]() |
Text (Cover)
R. Sarida_2103020007_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (340kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
R. Sarida_2103020007_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (355kB) |
![]() |
Text (BAB I)
R. Sarida_2103020007_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Updated Version Download (264kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
R. Sarida_2103020007_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (248kB) |
![]() |
Text (Full Teks)
R. Sarida_2103020007_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (855kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Lampiran)
R. Sarida_2103020007_Pendidikan Matematika_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terdiferensiasi dengan model inkuiri terbimbing berbantuan e-modul terhadap hasil belajar siswa pada materi SPLDV kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasy experimental dan desain non-equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Bintan, yang terdiri dari 5 kelas dengan total 180 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII.A dan VIII.C yang dipilih melalui teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kesiapan belajar, pretest dan posttest dan lembar observasi. Instrumen yang digunakan terdiri atas instrumen utama berupa tes kesiapan belajar, pretest dan posttest dan lembar observasi. Sedangkan instrumen pendukung berupa e-modul dan modul ajar. Data yang dianalisis berupa data kualitatif yang menjelaskan mengenai kegiatan pembelajaran, serta data kuantitatif yang menjelaskan mengenai data kesiapan belajar siswa, kemampuan awal dan kemampuan akhir siswa melalui pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil rata-rata pretest siswa diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney dilakukan dengan menggunakan Software SPSS diperoleh nilai Asymp.Sig sebesar 0,442. Karena nilai Asymp.Sig ≥ 0,05, maka H_0 tidak dapat ditolak, sehingga diketahui bahwa median nilai kemampuan awal siswa kelas eksperimen sama dengan median nilai kemampuan awal siswa kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian memiliki kemampuan awal yang sama. Berdasarkan hasil posttest, rata-rata nilai siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney dilakukan dengan menggunakan Software SPSS diperoleh nilai Asymp.Sig sebesar 0,013. Karena nilai Asymp.Sig < 0,05, maka H_0 ditolak dan median nilai kemampuan akhir siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari median nilai kemampuan akhir siswa kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dari pembelajaran terdiferensiasi dengan model inkuiri terbimbing berbantuan e-modul terhadap hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 000_umum 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 05 Feb 2025 06:59 | |||||||||
Last Modified: | 05 Feb 2025 06:59 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8588 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |