SANTESA, RAHMA and Prastowo, Aang Yudho and Azmi, Roma Doni (2025) IMPLEMENTASI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN SNAKES AND LADDERS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MTS AR-RAUDHAH. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
![]() |
Text (COVER)
Rahma santesa-2103020015-Pendidikan Matematika-Cover.pdf - Published Version Download (920kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
RAHMA SANTESA-2103020015-Pendidikan Matematika-Abstrak.pdf - Published Version Download (839kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
RAHMA SANTESA-2103020015-Pendidikan Matematika-BAB I.pdf - Published Version Download (140kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
RAHMA SANTESA-2103020015-Pendidikan Matematika-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (97kB) |
![]() |
Text (FULL TEKS)
Rahma Santesa_2103020015_Pendidikan Matematika-FullTeks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (729kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Lampiran)
RAHMA SANTESA-2103020015-Pendidikan Matematika-Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII MTs Ar-Raudhah melalui model Teams Games Tournament berbantuan Snakes and Ladders dan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model Teams Games Tournament berbantuan Snakes and Ladders dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model Teams Games Tournament. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi-experiment, teknik pengumpulan data tes dan observasi. Analisis data terdiri dari kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII MTs Ar-Raudhah melalui model Teams Games Tournament berbantuan Snakes and Ladders, dengan nilai rata-rata pretest 15,98 setelah mendapatkan perlakuan dengan nilai rata-rata posttest menjadi 63,14. Selain itu, peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model Teams Games Tournament berbantuan Snakes and Ladders sebesar 0,57 yang lebih tinggi dibandingkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model Teams Games Tournament hanya sebesar 0,38, sehingga terdapat selisih peningkatan sebesar 0,19. Melalui tahapan class presentation dan teams yang dipadukan workbook mampu melatih kemampuan peserta didik dalam mengubah representasi visual menjadi ide matematis, mengkomunikasikan ide, menggunakan simbol dan notasi dengan benar, serta membuat kesimpulan. Selanjutnya melalui tahapan games dan tournament menggunakan Snakes and Ladders, kemampuan komunikasi matematis peserta didik dapat semakin terasah.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2025 07:38 | |||||||||
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:38 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |