Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PMRI PADA KELAS VII SMP NEGERI 12 TANJUNGPINANG

Iin Yuliana, Aruan and Nur, Izzati and Mirta, Fera (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PMRI PADA KELAS VII SMP NEGERI 12 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
SKRIPSI IIN YULIANA ARUAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui penerapan pendekatan PMRI pada kelas VII SMP Negeri 12 Tanjungpinang. Hasil penelitian ini diperoleh dengan cara mengukur peningkatan yang terjadi di kelas yang diberi perlakuan PMRI dan kelas dengan pembelajaran konvensional. Setelah diperoleh hasil peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa, peneliti kemudian membandingkannya untuk melihat peningkatan yang lebih tinggi. Penelitan ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian kuasi ekepserimen berbentuk The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Tanjungpinang. Penentuan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penelitian ini dilakukan secara acak. Pada kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pendekatan PMRI sedangkan kelompok kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pendekatan PMRI lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hal ini terbukti dari rata -rata peningkatan kemampuan di kelas eksperimen sebesar 0,37 lebih tinggi dari rata -rata di kelas eksperimen sebesar 0,25. Dari uji hipotesis dengan statistik parametrik, yaitu Independent Sample T-Test dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05 diperoleh perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan penalaran matematis yang siginifikan, yaitu nilai sig (1-tailed) = 0,001 < 0,05 yang berarti Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan pendekatan PMRI lebih tinggi untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dibandingkan dengan penerapan pembelajaran konvensional pada materi penyajian data.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 21 Jul 2021 10:44
Last Modified: 21 Jul 2021 10:44
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/869

Actions (login required)

View Item View Item