Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 TANJUNGPINANG

Nungki Nuralita, Rhomadhani and Linda, Rosmery and Nur, Izzati (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
SKRIPSI NUNGKI NURALITA R. (140384202023)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran ARIAS lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV kelas VIII di SMP Negeri 5 Tanjungpinang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 180 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel yang diambil dengan teknik cluster sampling, yaitu kelas VIII D yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan lembar angket. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen sebesar 0,57, sedangkan rata -rata peningkatan kelas kontrol sebesar 0,37. Berdasarkan hasil perhitungan uji statistik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kedua kelompok pembelajaran dengan menggunakan Independent Sample T-test pada taraf signifikansi 5% atau (α = 0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000 dimana p-value < α, maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV kelas VIII di SMP Negeri 5 Tanjungpinang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 21 Jul 2021 11:01
Last Modified: 21 Jul 2021 11:01
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/871

Actions (login required)

View Item View Item