Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA WINGEOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BINTAN PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK

Nur, Asiah and Alona, Dwinata and Nur, Izzati (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA WINGEOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BINTAN PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
SKRIPSI NUR ASIAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji Efektivitas Penggunaan Media Wingeom terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMPN 1 Bintan Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok. Pembelajaran dilakukan dengan cara membandingkan pemahaman konsep matematis siswa yang telah diberikan perlakuan dengan pembelajaran menggunakan media wingeom dengan pemahaman konsep matematis siswa yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Populasinya adalah seluruh kelas VIII di SMPN 1 Bintan. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan cara cluster sampling. Penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif berjenis eksperimen de ngan desain quasi eksperimen berbentuk the randomized pretst-posttest control group design . Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan media wingeom sedangkan kelompok kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan analisis dan pengujian hipotesis maka terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematis yang dicapai antara siswa dengan pembelajaran menggunakan media wingeom dan siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Terbukti dengan rata-rata N-gain kelas eksperimen 0,59 yang lebih tinggi dengan rata-rata N-gain kelas kontrol 0,30. Dari uji independent t-test diperoleh perbedaan rata-rata yang signifikan pada taraf nyata 0,05, diketahui bahwa hasil analisis uji independent ttest nilai independent t-test 0,00 < taraf signifikan 0,05, yaitu 0,00 < 0,05 berarti H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Wingeom lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang Kubus dan Balok

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 21 Jul 2021 11:04
Last Modified: 21 Jul 2021 11:04
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/872

Actions (login required)

View Item View Item