Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN LKS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 TANJUNGPINANG

Rini, Elyani and Nur, Izzati and Sukma Adi, Perdana (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN LKS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
SKRIPSI RINI ELYANI -140384202063.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran ARIAS berbantuan LKS dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Jenis penelitian yaitu quasi eksperiment dengan desain Randomized Control Group, Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 440 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel yang diambil secara acak kelas, yaitu kelas VII.2 terdapat 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 terdapat 40 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi himpunan. Setelah dilakukan analisis dan pengujian hipotesis maka terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran ARIAS berbantuan LKS dan siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional. Terbukti dengan rata-rata gain kelas eksperimen 0,68 yang lebih tinggi dengan rata-rata gain kelas kontrol 0,30. Dari uji Mann-Whitney U diperoleh perbedaan rata-rata yang signifikan pada taraf nyata 0,05, diketahui bahwa hasil analisis uji Mann-Whitney U nilai MannWhitney U sebesar 0,00 < taraf signifikan 0,05, yaitu 0,00 < 0,05 berarti H 0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran ARIAS lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional pada pokok bahasan himpunan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 21 Jul 2021 11:17
Last Modified: 21 Jul 2021 11:17
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/875

Actions (login required)

View Item View Item