Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN NILAI MUTLAK SISWA KELAS X SMAN 5 TANJUNGPINANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Riski, Wahyuni and Febrian, Febrian and Mirta, Fera (2019) PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN NILAI MUTLAK SISWA KELAS X SMAN 5 TANJUNGPINANG TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
SKRIPSI RISKI WAHYUNI - 170384202073.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui penerapan pendekatan PMRI pada kelas X SMAN 5 Tanjungpinang. Hasil Penelitian ini diperoleh dengan cara mengukur peningkatan yang terjadi di kelas yang diberi perlakuan PMRI dan kelas dengan pembelajaran konvensional. Setelah diperoleh hasil peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, peneliti kemudian membandingkannya untuk melihat peningkatan yang lebih tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian kuasi eksperimen berbentuk The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMAN 5 Tanjungpinang. Penentuan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam peneliti an ini dilakukan secara acak. Pada kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pendekatan PMRI sedangkan kelompok kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang memperoleh pendekatan PMRI lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hal Ini terbukti dari rata-rata peningkatan kemampuan di kelas eksperimen sebesar 0,64 lebih tinggi dari dari rata-rata dikelas kontrol sebesar 0,44. Dari uji hipotesis dengan statistik parametrik, yaitu Independent Sample T-Test dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05 diperoleh perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang signifikan, yaitu nil ai sig (1-tailed) = 0,001 < 0,05 yang berarti Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan pendekatan PMRI lebih tinggi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dibandingkan dengan penerapan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan nilai mutlak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 21 Jul 2021 11:21
Last Modified: 21 Jul 2021 11:21
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/876

Actions (login required)

View Item View Item