Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT BULAT POSITIF DI KELAS VII SMP NEGERI 8 TANJUNGPINANG

Yurotun, Naseha and Alona, Dwinata and Nur, Izzati (2019) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT BULAT POSITIF DI KELAS VII SMP NEGERI 8 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
SKRIPSI YUROTUN NASEHA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik berbantuan permainan tradisional engklek untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi bilangan berpangkat bulat positif di kelas VII SMP Negeri 8 Tanjungpinang. Hasil penelitian ini diperoleh dengan membedakan kreativitas siswa sebelum (pretest) dan setelah (posttest). Dimana, hasil yang diperoleh adalah nilai rata -rata pretest lebih besar dari nilai rata-rata posttest. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre eksperimen berbentuk One-Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tanjungpinang. Penentuan sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang diperoleh diberikan perlakuan berupa penerapan pendekatan saintifik berbantuan permainan tradisional engklek. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa dengan menerapkan pendekatan saintifik berbantuan permainan tradisional engklek (nilai rata-rata pretest lebih besar dari nilai rata -rata posttest) sehingga diambil kesimpulan penerapan pendekatan saintifik berbantuan permainan tradisional engklek dapat meningkatkan kreativitas siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) pada uji paired samples tes yaitu 0,000 dengan taraf signifikansi (a) = 0,05. Karena pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji satu pihak maka nilai P-value = x nilai Sig. (2-tailed). Dengan demikian, diperoleh nilain P-value ≤ a atau (Sig. zq0.000 ≤ 0.05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapkan pendekatan saintifik berbantuan permainan tradisional engklek dapat meningkatkan kreativitas siswa pada materi bilangan berpangkat bulat positif di kelas VII SMP Negeri 8 Tanjungpinang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 21 Jul 2021 11:41
Last Modified: 21 Jul 2021 11:41
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item