Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS TEORI VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA TOPIK KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII SMP NEGERI 3 BINTAN

Dzuriyatil, ‘Afifah and Febrian, Febrian and Alona, Dwinata (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS TEORI VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA TOPIK KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII SMP NEGERI 3 BINTAN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
SKRIPSI_DZURIYATIL 'AFIFAH_140384202027_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan memecahkan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif berbasis teori Van Hiele lebih tinggi daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan design pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bintan tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 155 orang. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas VIII E yang berjumlah 27 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D yang berjumlah 27 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi, soal tes kemampuan pemecahan masalah pada materi koordinat kartesius, dan lembar angket langkah memecahkan masalah Polya. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan kemampuan memecahkan masalah kelas eksperimen sebesar 0,57, sedangkan rata-rata peningkatan kemampuan memecahkan masalah kelas kontrol sebesar 0,38. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test pada taraf signifikan 5% atau (α =0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,003. Dalam penelitian ini menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh sig 0,0015 dimana p-value < α, maka H 0 ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan memecahkan masalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis teori Van Hiele lebih tinggi daripada yang memperoleh pembelajaran dengan konvensional

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 21 Jul 2021 11:44
Last Modified: 21 Jul 2021 11:45
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/883

Actions (login required)

View Item View Item