Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KELAS VIII SMP NEGERI 4 BINTAN

Wulan, Yuliana and Alona, Dwinata and Febrian, Febrian (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KELAS VIII SMP NEGERI 4 BINTAN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Skripsi_Wulan Yuliana-140384202032-FKIP-2019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran examples non examples dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional di SMP Negeri 4 Bintan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bintan tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 72 orang. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas VIII C dengan jumlah siswa 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A yang berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes pemahaman konsep matematis pada materi sistem koordinat. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,4816, sedangkan rata-rata peningkatan kelas kontrol sebesar 0,3152. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test pada taraf signifikansi 5% atau ( = 0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,009. Dalam penelitian ini menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh sig 0,0045 dimana p-value < , maka Ho ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran examples non examples lebih tinggi daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 21 Jul 2021 11:57
Last Modified: 21 Jul 2021 11:57
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/888

Actions (login required)

View Item View Item