Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Nasrullah, Nasrullah and Testy Ariance Loren, Fabio and Kurmalasari, Tety (2025) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Nasrullah_2103010027_PBSI_COVER.pdf - Published Version

Download (886kB)
[img] Text (Abstrak)
Nasrullah_2103010027_PBSI_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text (Bab I)
Nasrullah_210301027_PBSI_BAB I .pdf - Published Version

Download (609kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Nasrullah_2103010027_PBSI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text (Full text)
Nasrullah_2103010027_PBSI_FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas strategi kejadian kritis dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa di SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one-group pretest-posttest, penelitian ini dilakukan dengan sampel sebanyak 50 siswa Kelas X yang dipilih melalui random sampling dari populasi sebanyak 497 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes menulis puisi sebelum dan sesudah penerapan strategi kejadian kritis, dengan penilaian berdasarkan unsur fisik (diksi, perumpamaan/kata konkrit, bahasa kiasan, tipografi) dan unsur batin (tema, perasaan, rima, pesan) dari puisi tersebut. puisi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2024 sampai dengan bulan Februari 2025 di SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, menggunakan SPSS versi 30 untuk uji normalitas (Shapiro-Wilk), uji homogenitas (uji Levene), dan uji hipotesis (uji t sampel berpasangan atau uji Wilcoxon, tergantung sebaran data). Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pengajaran yang efektif dalam pendidikan bahasa Indonesia, khususnya dalam pengajaran menulis puisi. Kata Kunci: keterampilan menulis puisi, strategi kejadian kritis, penelitian eksperimen, pendekatan kuantitatif.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDTesty Ariance Loren, FabioNIP.199201102019032021
UNSPECIFIEDKurmalasari, TetyNIP.197009272021212003
Subjects: 000_umum
400. Bahasa > 411 Writing Systems/Sistem Tulisan, Penulisan
400. Bahasa > 415 Grammar, Sentences, Syntax, Word Order/Tata Bahasa, Kalimat, Sintaksis, Kata
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: user Bahasa1
Date Deposited: 13 Feb 2025 02:19
Last Modified: 13 Feb 2025 02:19
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8950

Actions (login required)

View Item View Item