Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGARUH PENGGUNAAN E-LKPD MEMUAT KONTEKS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 SINGKEP

ATIQAH, NUR and Rahmatina, Desi and Azmi, Roma Doni (2025) PENGARUH PENGGUNAAN E-LKPD MEMUAT KONTEKS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 SINGKEP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
NUR ATIQAH_190384202052_Pendidikan Matematika_Cover.pdf

Download (321kB)
[img] Text (Abstrak)
NUR ATIQAH_190384202052_Pendidikan Matematika_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (BAB I)
NUR ATIQAH_190384202052_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
NUR ATIQAH_190384202052_Pendidikan Matematika_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (Full Teks)
NUR ATIQAH_190384202052_Pendidikan Matematika_Full Text1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan e-LKPD memuat konteks etnomatematika menggunakan model problem based learning terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Singkep. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel penelitian berjumlah 70 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 75,77 dan 65,40 dengan hasil uji-t diperoleh bahwa hasil analisis Independent Sampel t-Test yaitu nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05 dan nilai t_hitung 3,050>t_tabel 1,995, ini berarti H_0 ditolak dan H_a diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan e-LKPD memuat konteks etnomatematika menggunakan model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri 2 Singkep.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDRahmatina, DesiNIP.197612052021212002
UNSPECIFIEDAzmi, Roma DoniNIP.199103202022031005
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 12 Feb 2025 07:15
Last Modified: 12 Feb 2025 07:15
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8984

Actions (login required)

View Item View Item