Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PAKEM PADA KEMAHIRAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X IPS MADRASAH ALAIYAH NEGERI TANJUNGPINANGTAHUN PELAJARAN 2018/2019

Lili, Endang and Isnaini Leo, Shanty and Legi, Elfitra (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PAKEM PADA KEMAHIRAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X IPS MADRASAH ALAIYAH NEGERI TANJUNGPINANGTAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
SKRIPSI LILI ENDANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat ada atau tidaknya Efektivitas Model Pembelajaran PAKEM terhadap Kemahiran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X IPS Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2017/2018. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi yaitu siswa tidak dapat menentukan struktur dan kaidah kebahasan dalam menulis teks laporan hasil observasi. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen one group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini berjumlah 27 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling pada kelas X IPS. Peneliti menggunakan uji shapiro wilk untuk melakukan uji normalitas, karena jumlah sampel <50. Jika sampel >50 maka peneliti menggunakan kolmogrov-smirnov. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PAKEM untuk nilai pretest kemahiran menulis teks laporan hasil observasi memperoleh kategori “cukup”, hal tesebut dapat dilihat dari nilai rata -rata yaitu 59.95, sedangkan untuk nilai postest siswa memperoleh kategori “baik”, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata yaitu 85.18. jadi berdasarkan perhitungan uji t, peneliti memperoleh thitung yaitu 4,30 sedangkan t tabel dengan dk=27-2-1=24 (t.s=0,404). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa, hasil pengujian membuktikan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4,30≥ 0,404 dalam hal ini pengujian H0 ditolak dan Ha diterima karena model pembelajaran PAKEM efektif diterapkan pada pembelajaran teks laporan hasil observasi siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 400. Bahasa > 411 Writing Systems/Sistem Tulisan, Penulisan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 22 Jul 2021 04:31
Last Modified: 22 Jul 2021 04:31
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item View Item