Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KEMAHIRAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X AGAMA 2 MADRASAH ALIYAH NEGERI TANJUNGPINANGTAHUN PELAJARAN 2018/2019

Mira, Dianti and Legi, Elfitra and Indah, Pujiastuti (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KEMAHIRAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X AGAMA 2 MADRASAH ALIYAH NEGERI TANJUNGPINANGTAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
SKRIPSI MIRA_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada kemahiran menulis teks eksposisi siswa kelas X Agama 2 Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019. Model Pembelajaran Berbasis Masalah merupakan informasi dalam pembelajaran karena dalam Pembelajaran Berbasis Masalah kemampuan berpikir siswa betul-betul dioptimalisasikan melalui proses kerja kelompok atau tim yang sistematis, sehingga siswa dapat memberdayakan, mengasah, menguji, dan mengembangkan kemampuan berpikirnya secara berkesinambungan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling pada kelas X Agama 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra -eksperimen one group pretest-postest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk nilai pretest kemahiran menulis teks eksposisi memperoleh kategori C “rendah”, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata -rata yaitu 58,75, sedangkan untuk nilai postest siswa memperoleh kategori B “tinggi”, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata yaitu 82,67. Jadi berdasarkan perhitungan uji t, peneliti memperoleh t hitung yaitu 3,25 sedangkan t tabel dengan dk = 28-2 = 26 (t tabel = 0,37). Maka dapat diketahui bahwa thitung adalah lebih besar daripada tt abelyaitu : 0,37 < 3,25 > 0,37. Artinya (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Dengan demikian ada efektivitas yang signifikan dari Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kemahiran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Agama 2 Madrasah Aliyah Negeri Tahun Pelajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
400. Bahasa > 411 Writing Systems/Sistem Tulisan, Penulisan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 22 Jul 2021 04:43
Last Modified: 22 Jul 2021 04:43
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item View Item