Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI “SI PANDU CAPIL” DALAM MENINGKATKAN LAYANAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BINTAN

DWI UTARI, KINASIH and Hendrayady, Agus and Kurnianingsih, Fitri (2022) INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI “SI PANDU CAPIL” DALAM MENINGKATKAN LAYANAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BINTAN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
KINASIH DWI UTARI_180563201021_IAN_Cover.pdf - Published Version

Download (891kB)
[img] Text (Abstrak)
KINASIH DWI UTARI_180563201021_IAN_Abstrak.pdf - Published Version

Download (460kB)
[img] Text (Bab 1)
KINASIH DWI UTARI_180563201021_IAN_BAB 1.pdf - Published Version

Download (694kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
KINASIH DWI UTARI_180563201021_IAN_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (512kB)
[img] Text (Full Teks)
KINASIH DWI UTARI_180563201021_IAN_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Salah satu inovasi pelayanan publik yang diluncurkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bintan untuk meningkatkan pelayanan di masa pandemi Covid-19 dan memberikan pelayanan administrasi kependudukan dengan memanfaatkan teknologi adalah aplikasi Si Pandu Capil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi pelayanan publik melalui aplikasi Si Pandu Capil dalam meningkatkan layanan di masa pandemi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bintan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori atribut inovasi menurut Rogers dalam (Suwarno, 2008:16). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a. keuntungan relatif (relative advantage) lebih hemat waktu dan efisien dalam pengurusan dokumen kependudukan di masa pandemi Covid-19; b. kesesuaian (compability) kehadiran aplikasi Si Pandu Capil sudah sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat di masa pandemi Covid-19; c. kerumitan (complexibility) inovasi aplikasi Si Pandu Capil memiliki tingkat kerumitan pada Sumber Daya Manusianya; d. kemungkinan dicoba (triability) inovasi aplikasi Si Pandu Capil telah terbukti mempunyai keuntungan atau nilai lebih dibandingkan pelayanan sebelumnya; e. kemudahan diamati (observability) inovasi pelayanan publik melalui aplikasi Si Pandu Capil dapat diamati oleh seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDHendrayady, AgusNIDN.1005087301
UNSPECIFIEDKurnianingsih, FitriNIDN.0016038702
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara > 352.63 Government Workers/Pegawai Pemerintah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: user IAN
Date Deposited: 20 Jul 2022 09:14
Last Modified: 20 Jul 2022 09:14
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2947

Actions (login required)

View Item View Item