MILENIA, VIA ADELIA and Kurnianingsih, Fitri and Okparizan, Okparizan (2022) EVALUASI INOVASI PELAYANAN MELALUI SISTEM PELAPORAN PENERANGAN JALAN UMUM (SILAJANG) DI DINAS PERUMAHAN RAKYAT KAWASAN PERMUKIMAN DAN PERTAMANAN KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Via_Adelia_Milenia_180563201033_Ilmu Administrasi Negara - Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
Via_Adelia_Milenia_180563201033_Ilmu Administrasi Negara - Abstrak.pdf - Published Version Download (316kB) |
|
Text (BAB I)
Via_Adelia_Milenia_180563201033_Ilmu Administrasi Negara - BAB I.pdf - Published Version Download (887kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Via_Adelia_Milenia_180563201033_Ilmu Administrasi Negara - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (497kB) |
|
Text (Full Teks)
Via_Adelia_Milenia_180563201033_Ilmu Administrasi Negara - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Sistem Pelaporan Penerangan Jalan Umum (SILAJANG) diluncurkan oleh Walikota Tanjungpinang pada bulan Oktober tahun 2022, namun baru diterapkan di Dinas Perkim Kota Tanjungpinang pada awal tahun 2021. SILAJANG merupakan suatu inovasi yang bertujuan untuk mempercepat pelaporan kerusakan lampu jalan yang dapat diakses melalui website:perkimtanjungpinang.com. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi inovasi pelayanan dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat melalui SILAJANG di Dinas Perkim Kota Tanjungpinang dengan menggunakan teori William N. Dunn, yaitu efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketepatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan informan sebanyak 10 orang serta menggunakan teknik dan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) efektivitas penerapan SILAJANG belum terlaksana secara optimal karena SILAJANG masih dalam tahap pengembangan (2) efisiensi belum optimal dikarenakan anggaran yang disediakan oleh Pemerintah belum digunakan secara penuh oleh Dinas Perkim Kota Tanjungpinang (3) kecukupan belum optimal ditandai dengan kurangnya sumber daya manusia dibidang teknisi maupun operator serta sarana dan prasarana penunjang SILAJANG (4) perataan belum terlaksana karena sosialisasi belum diberikan kepada publik, hanya melalui media massa saja (5) responsivitas belum terlaksana secara optimal karena belum dapat mengirimkan balasan dengan cepat (6) ketepatan belum terlaksana karena kurangnya minat masyarakat dalam hal penggunaan SILAJANG yang bertujuan untuk mempercepat proses pelaporan kerusakan lampu jalan. Kesimpulan dari evaluasi inovasi pelayanan melalui SILAJANG di Dinas Perkim Kota Tanjungpinang yaitu pada indikator efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketepatan menunjukkan bahwa semua indikator tersebut belum terlaksana secara optimal. Direkomendasikan kepada Dinas Perkim Kota Tanjungpinang untuk melakukan sosialisasi secara merata dan terus melakukan pengembangan hingga update data SILAJANG.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 620 - 629 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan) > 628.4 Teknik Sanitasi Umum, teknologi pengolahan sampah, teknologi pengolahan limbah, teknologi pengolahan bahan sisa, teknologi pengolahan sampah industri | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2022 07:49 | |||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2022 07:49 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2970 |
Actions (login required)
View Item |