MANURUNG, SARAHWATI and Poti, Jamhur and Hendrayady, Agus (2022) EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERIZINAN DAN PENANAMAN MODAL BERBASIS ONLINE PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (STUDI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA BATAM). S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
SARAHWATI MANURUNG_180563201083_Ilmu Administrasi Negara - Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
SARAHWATI MANURUNG_180563201083_Ilmu Administrasi Negara - Abstrak.pdf - Published Version Download (232kB) |
|
Text (BAB I)
SARAHWATI MANURUNG_180563201083_Ilmu Administrasi Negara - BAB I.pdf - Published Version Download (563kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
SARAHWATI MANURUNG_180563201083_Ilmu Administrasi Negara - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (454kB) |
|
Text (Full Teks)
SARAHWATI MANURUNG_180563201083_Ilmu Administrasi Negara - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kota Batam menjadi salah satu wilayah yang merupakan primadona tujuan investasi bagi para investor. Kemudahan perizinan dalam berusaha merupakan aspek penting dalam mewujudkan iklim investasi yang sehat. Namun pelayanan perizinan penanaman modal memiliki citra yang buruk saat ini seperti tidak adanya kepastian, prosedur yang tidak jelas, proses yang berbelit dan berbiaya tinggi. Online Single Submission (OSS) RBA merupakan penyelenggaraan perizinan berbasis online yang diharapkan efektif dan memberi kemudahan kepada pelaku usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Efektivitas Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Dan Penanaman Modal Berbasis Online Pada Usaha Kecil Dan Menengah Kota Batam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Penelitian ini menggunakan teori Campbell JP. Hasil penelitian ini berdasarkan keberhasilan program, keberhasilan sasaran, kepuasan terhadap program, tingkat input dan output, dan tujuan keseluruhan, menunjukkan bahwa penyelenggaraan perizinan berbasis online atau OSS RBA sudah berjalan dalam memberikan kemudahan perizinan namun belum efektif sehingga dalam pelaksanaanya belum mencapai tujuan yang maksimal. Hal itu karena masih ditemukan kendala yang menghambat pencapaian tujuan yang maksimum seperti Kurangnya informasi dan lemahnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat, lemahnya sumber daya manusia serta adanya disharmoni kewenangan berdampak pada proses penyelenggaran pelayanan perizinan tersebut. Oleh karena itu diperlukan sosialisasi dan promosi secara menyeluruh oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Batam agar dapat menjangkau masyarakat lebih luas, peningkatan infrastruktur dan sumber daya manusia dan memperbaiki aturan-aturan yang tumpang tindih agar tidak menjadi penghambat dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan di Kota Batam.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2022 02:13 | |||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2022 02:13 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3063 |
Actions (login required)
View Item |