HAJAR, SITI and Setiawan, Ramadhani and Okparizan, Okparizan (2022) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN MELALUI APLIKASI SI JEMPOL DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) PROVINSI KEPULAUAN RIAU. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
SITI HAJAR_180563201008_Ilmu Administrasi Negara_Cover (1).pdf - Published Version Download (515kB) |
|
Text (Abstrak)
SITI HAJAR_180563201008_Ilmu Administrasi Negara_Abstrak (3).pdf - Published Version Download (146kB) |
|
Text (Bab I)
SITI HAJAR_180563201008_Ilmu Administrasi Negara_Bab 1.pdf - Published Version Download (263kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
SITI HAJAR_180563201008_Ilmu Administrasi Negara_Daftar Pustaka (1).pdf - Published Version Download (161kB) |
|
Text (Full Teks)
SITI HAJAR_180563201008_Ilmu Administrasi Negara Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Saatu Pintu merupakan instansi pemerintahan berwenang dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan satu pintu. Instansti tersebut melakukan sebuah terobosan dalam memberikan pelayanan perizinan yang memiliki ide kreatif memanfaatkan teknologi informasi sebagai suatu upaya perbaikan kualitas pelayanan perizinan yang berbasis aplikasi yaitu Si Jempol. Aplikasi Si Jempol merupakan sebuah inovasi pelayanan secara online kepada masyarakat yang berkaitan dengan pelayanan perizinan dan non perizinan pemberian dokumen sebagai bukti legalitas kepada pelaku usaha/kegiatan, seseorang atau kelompok terkait. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan perizinan melalui Aplikasi Si Jempol di DPMPTSP Provinsi Kepulauan Riau. Pendekatan dalam penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan teknik melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan yang dikembangkan oleh Sugiyono meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Teori yang digunakan penelitian ini adalah teori Levine et. al. berdasarkan tiga indikator yaitu responsivitas (Responsiveness), responsibilitas (Responsibility) dan akuntabilitas (Accountability) dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Perizinan melalui Aplikasi Si Jempol di DPMPTSP Provinsi Kepulauan Riau dari Indikator Responsivitas pelayanan sudah berjalan sesuai dengan harapan masyarakat para pegawai memberikan respon serta daya tanggap pelayanan yang baik dalam proses pelayanannya. Indikator Responsibilitas pemberian pelayanan sudah sesuai dengan ketentuan-ketentuan ditetapkan di DPMPTSP, pegawai menunjukkan tanggungjawab dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta prosedur yang diberikan sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. dan Indikator Akuntabilitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, memiliki tingkat kesesuaian dari sistem pelayanan yang diberikan sesuai dengan norma-norma yang ada, memiliki keterbukaan dan transparansi informasi dalam layanan. Kesimpulan terhadap ketiga indikator tersebut terkait Kualitas Pelayanan Perizinan melalui Aplikasi Si Jempol Di DPMPTSP Provinsi Kepulauan Riau secara keseluruhan sudah berjalan dengan maksimal dan memenuhi standar kualitas pelayanan hanya saja terdapat sedikit permasalahan dalam menggunakan Aplikasi Si Jempol yaitu permasalahan terkait dengan jaringan. Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan perizinan, Si Jempol, DPMPTSP Provinsi Kepri
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2022 09:10 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2022 09:10 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3233 |
Actions (login required)
View Item |