Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI IKATAN KIMIA

SAPUTRI, MELANI DWI and Silitonga, Friska Septiani and Pardi, Hilfi (2022) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI IKATAN KIMIA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
MELANI DWI SAPUTRI_180384204009_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
MELANI DWI SAPUTRI_180384204009_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (BAB I)
MELANI DWI SAPUTRI_180384204009_Pendidikan Kimia_BAB I.pdf - Published Version

Download (430kB)
[img] Text (Daftar Pustka)
MELANI DWI SAPUTRI_180384204009_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (527kB)
[img] Text (Full Teks)
MELANI DWI SAPUTRI_180384204009_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Permasalahan yang dihadapi selama proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di kelas X IPA SMA Negeri 5 Tanjungpinang adalah bahan ajar yang kurang menarik, peserta didik kurang aktif, sulit memahami materi pembelajaran, dan hasil belajar yang kurang maksimal pada materi ikatan kimia. Pengembangan bahan ajar berupa modul elektronik berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi ikatan kimia merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan guna meningkatkan minat belajar dan pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan produk, bagaimana tingkat validitas produk, dan bagaimana tingkat praktikalitas produk. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Penelitian ADDIE sampai dengan tahap evaluasi formatif guna menyempurnakan produk. Sumber data pada penelitian ini berasal dari 2 orang dosen, seorang guru, dan 22 peserta didik SMA Negeri 5 Tanjungpinang. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 87,5% dengan kategori sangat valid dan hasil validasi ahli media memperoleh persentase 75% dengan kategori valid. Hasil praktikalitas guru memperoleh persentase 87,5% dengan kategori sangat praktis dan hasil praktikalitas peserta didik memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat praktis.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul elektronik berbasis pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi ikatan kimia valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDSilitonga, Friska SeptianiNIP.198909092019032022
UNSPECIFIEDPardi, HilfiNIP.198906012019031013
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:18
Last Modified: 05 Aug 2022 03:18
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3746

Actions (login required)

View Item View Item