SAPUTRI, MELANI DWI and Silitonga, Friska Septiani and Pardi, Hilfi (2022) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI IKATAN KIMIA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
MELANI DWI SAPUTRI_180384204009_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
MELANI DWI SAPUTRI_180384204009_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version Download (294kB) |
|
Text (BAB I)
MELANI DWI SAPUTRI_180384204009_Pendidikan Kimia_BAB I.pdf - Published Version Download (430kB) |
|
Text (Daftar Pustka)
MELANI DWI SAPUTRI_180384204009_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (527kB) |
|
Text (Full Teks)
MELANI DWI SAPUTRI_180384204009_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang dihadapi selama proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di kelas X IPA SMA Negeri 5 Tanjungpinang adalah bahan ajar yang kurang menarik, peserta didik kurang aktif, sulit memahami materi pembelajaran, dan hasil belajar yang kurang maksimal pada materi ikatan kimia. Pengembangan bahan ajar berupa modul elektronik berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi ikatan kimia merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan guna meningkatkan minat belajar dan pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan produk, bagaimana tingkat validitas produk, dan bagaimana tingkat praktikalitas produk. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Penelitian ADDIE sampai dengan tahap evaluasi formatif guna menyempurnakan produk. Sumber data pada penelitian ini berasal dari 2 orang dosen, seorang guru, dan 22 peserta didik SMA Negeri 5 Tanjungpinang. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 87,5% dengan kategori sangat valid dan hasil validasi ahli media memperoleh persentase 75% dengan kategori valid. Hasil praktikalitas guru memperoleh persentase 87,5% dengan kategori sangat praktis dan hasil praktikalitas peserta didik memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat praktis.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul elektronik berbasis pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi ikatan kimia valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2022 03:18 | |||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2022 03:18 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3746 |
Actions (login required)
View Item |