MIKO, UJAT and Willian, Nancy and Pardi, Hilfi (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KAWASAN PESISIR PADA MATERI KOROSI UNTUK SISWA SMK/MAK. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
UJATMIKO_180384204031_Pendidikan Kimia - Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
UJATMIKO_180384204031_Pendidikan Kimia - Abstrak.pdf - Published Version Download (64kB) |
|
Text (BAB I)
UJATMIKO_180384204031_Pendidikan Kimia - BAB I.pdf - Published Version Download (169kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
UJATMIKO_180384204031_Pendidikan Kimia - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (925kB) |
|
Text (Full teks)
UJATMIKO_180384204031_Pendidikan Kimia - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif denganc pendekatan kontekstual kawasan pesisir pada materi korosi untuk siswa SMK/MAK yang valid dan praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan e-modul interaktif dengan pendekatan kontekstual kawasan pesisir pada materi korosi untuk siswa SMK/MAK dikembangkan sebagai alat bantu kepada siswa dengan tujuan memudahkan proses pembelajaran siswa serta untuk lebih mengetahui dan memahami mata pelajaran kimia khususnya pada materi korosi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan model pengembangan Alessi dan Trollip yang terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Seri Kuala Lobam, dengan subjek penelitian terhadap 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media serta subjek uji praktikalitas terhadap 24 siswa kelas X dan 1 orang guru kimia. Berdasarkan hasil validasi media dan materi dari penelitian dan pengembangan e-modul interaktif dengan pendekatan kontekstual kawasan pesisir pada materi korosi untuk siswa SMK/MAK diperoleh hasil 90% dan 75% dengan kategori sangat valid dan valid atau layak diujicobakan kepada guru dan siswa. Hasil uji praktikalitas e-modul interaktif dengan pendekatan kontekstual kawasan pesisir pada materi korosi untuk siswa SMK/MAK terhadap guru dan siswa diperoleh hasil 91% dan 84% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif dengan pendekatan kontekstual kawasan pesisir pada materi korosi untuk siswa SMK/MAK valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2022 08:41 | |||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2022 04:31 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3753 |
Actions (login required)
View Item |