Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

RESPON SISWA IPA DI SMA NEGERI 6 TANJUNGPINANG TERHADAP PENGGUNAAN MOODLE PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

PARDEDE, MEGAWATY JUNITA and Sarkity, Dios and Irawan, Bony (2022) RESPON SISWA IPA DI SMA NEGERI 6 TANJUNGPINANG TERHADAP PENGGUNAAN MOODLE PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] PDF (Cover)
MEGAWATY_JUNITA_PARDEDE_180384205039_Pendidikan Biologi - Cover.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
MEGAWATY_JUNITA_PARDEDE_180384205039_Pendidikan Biologi - Abstrak.pdf

Download (318kB)
[img] PDF (BAB I)
MEGAWATY_JUNITA_PARDEDE_180384205039_Pendidikan Biologi - BAB I.pdf

Download (444kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
MEGAWATY_JUNITA_PARDEDE_180384205039_Pendidikan Biologi - Daftar Pustaka.pdf

Download (536kB)
[img] PDF (Full Text)
MEGAWATY_JUNITA_PARDEDE_180384205039_Pendidikan Biologi - Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa IPA terhadap penggunaan platform pembelajaran Moodle pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 6 Tanjungpinang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Responden pada penelitian ini adalah siswa IPA dari Kelas X, XI dan XII SMA Negeri 6 Tanjungpinang. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan angket tertutup kepada responden. Peneliti menggunakan kriteria penskoran Skala Likert untuk mengukur angket tertutup respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara keseluruhan mulai dari kelas X, XI, dan XII, sebesar 72% respon siswa tergolong dalam kategori baik. Adapun rincian respon siswa djabarkan sebagai berikut: (1) indikator fitur forum sebesar 64% dengan katergori baik, (2) indikator Feedback sebesar 64% dengan kategori baik, (3) indikator chat sebesar 65% dengan kategori baik, (4) indikator video conference sebesar 73% dengan kategori baik, (5) indikator quiz sebesar 73% dengan kategori baik, (6) indikator assignment sebesar 77% dengan kategori baik, (7) indikator kesesuaian sebesar 79% dengan kategori baik, (8) indikator kejelasan sebesar 58% dengan kategori cukup baik, (9) indikator ingatan sebesar 68% dengan kategori baik, (10) indikator kebermaknaan sebesar 71% dengan kategori baik, (11) indikator kemudahan belajar sebesar 66% dengan kategori baik, (12) indikator motivasi belajar sebesar 72% dengan kategori baik, dan (13) indikator support orang tua sebesar 83% dengan kategori baik. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa respon siswa IPA SMA Negeri 6 Tanjungpinang terhadap penggunaan moodle tergolong dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDSarkity, DiosNIP.199111092019031013
UNSPECIFIEDIrawan, BonyNIP.198802142015041002
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: user biologi
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:21
Last Modified: 04 Aug 2022 04:21
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3905

Actions (login required)

View Item View Item