JULIANTIKA, FIANTI and Nuzullah, Azza and Nevrita, Fnu (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI POTENSI LOKAL GUNUNG KIJANG PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DALAM BIDANG AGRIBISNIS DAN AGROTEKNOLOGI UNTUK KELAS X SMK. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
PDF (Cover)
fianti Juliantika_160384205035_Pendidikan Biologi_Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
fianti Juliantika_160384205035_Pendidikan Biologi_Abstrak.pdf - Published Version Download (318kB) |
|
PDF (BAB I)
fianti Juliantika_160384205035_Pendidikan Biologi_BAB I.pdf - Published Version Download (359kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
fianti Juliantika_160384205035_Pendidikan Biologi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (430kB) |
|
PDF (Full Text)
fianti Juliantika_160384205035_Pendidikan Biologi_Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-modul terintegrasi potensi lokal gunung kijang pada materi bioteknologi dalam bidang agribisnis dan agroteknologi untuk siswa kelas X SMK, dan mendeskripsikan kualitasnya jika ditinjau dari aspek validitas, praktikalitas dan efektivitas. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model penelitian pengembangan hannafin dan peck terdiri dari 3 tahapan yaitu fase analisis kebutuhan, fase desain dan fase pengembangan atau implementasi dan disetiap fase melibatkan evaluasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan ahli bahan ajar, lembar praktikalitas guru dan siswa, lembar evaluasi pre test dan post test, serta angket minat belajar siswa setelah menggunakan e-modul. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan diketahui bahwa penilaian validitas pada aspek materi dikategorikan “sangat valid” dengan persentase 90 % dan validasi bahan ajar oleh ahli e-modul terintegrasi potensi lokal termasuk kategori “sangat valid” dengan persentase 80.5 %. Hasil angket praktikalitas oleh guru termasuk kategori “sangat praktis” dengan persentase 83 % dan angket praktikalitas siswa termasuk kategori “sangat praktis” dengan persentase 84 %. Hasil efektivitas melalui pre test dan post test menunjukkan adanya peningkatan dengan nilai n-gain 0.7 dengan kategori tinggi, dan angket minat belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dengan nilai n-gain 0.5 berkategori sedang. Dapat disimpulkan pengembangan e-modul terintegrasi potensi lokal gunung kijang pada materi bioteknologi dalam bidang agribisnis dan agroteknologi untuk siswa kelas X SMK yang dikembangkan dengan model Hannafin dan Peck sangat valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 501. Ilmu Pengetahuan Alam 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 580. Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman, Botany |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | user biologi | |||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 04:25 | |||||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 04:25 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3910 |
Actions (login required)
View Item |