AZEVA, BUNGA RAHMA and Izzati, Nur and Febrian, Febrian (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ISPRING SUITE DAN POWTOON DENGAN KONTEKS KEMARITIMAN PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Bunga_Rahma_Azeva_180384202019_Pendidikan_Matematika-Cover.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Abstrak)
Bunga_Rahma_Azeva_180384202019_Pendidikan_Matematika-Abstrak.pdf - Published Version Download (204kB) |
|
Text (BAB I)
Bunga_Rahma_Azeva_180384202019_Pendidikan_Matematika-BAB I.pdf - Published Version Download (322kB) |
|
Text (Daftar pustaka)
Bunga_Rahma_Azeva_180384202019_Pendidikan_Matematika-Daftar pustaka.pdf - Published Version Download (282kB) |
|
Text (Full teks)
Bunga_Rahma_Azeva_180384202019_Pendidikan_Matematika-Full teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Pesatnya perkembangan pendidikan di era revolusi industri 4.0 ini menganjurkan untuk mengintegrasikan teknologi dalam setiap proses pembelajaran. Namun dalam pelaksanaannya, pemanfaatan teknologi tersebut masih belum maksimal khususnya pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan multimedia pembelajaran berbantuan Ispring Suite dan Powtoon dengan konteks kemaritiman pada materi teorema pythagoras kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE dengan pembatasan hingga tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (development). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian yaitu menggunakan angket. Instrumen yang dipersiapkan untuk mendukung pengumpulan data yaitu lembar validasi yang ditujukan kepada para ahli dalam bidangnya dan lembar praktikalitas. Teknik analisis data dengan menggunakan data kualitatif yang dianalisis melalui angket. Data yang diperoleh oleh peneliti yaitu data kualitatif yang kemudian akan ditransformasikan menjadi data kuantitatif jenis skala interval dengan Method of Summated Ratings (MSR). Hasil validasi dan praktikalitas yang telah dilakukan oleh masing-masing validator dan juga praktisan menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 01:41 | |||||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 01:41 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3917 |
Actions (login required)
View Item |