SIMAMORA, AGUS RAJA IVANTRY and Chahyadi, Ferdi and Nurfalinda, Nurfalinda (2022) PENERAPAN METODE WATERFALL DALAM RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN MASYARAKAT BERBASIS WEB (Studi kasus:Disdukcapil Kota Tanjungpinang). S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Agus_Raja_Ivantry_Simamora_170155201043_Teknik Informatika - Cover.pdf - Published Version Download (752kB) |
|
Text (Abstrak)
AGUS_RAJA_IVANTRY_SIMAMORA_170155201043_Teknik Informatika - Abstrak.pdf - Published Version Download (56kB) |
|
Text (BAB 1)
AGUS_RAJA_IVANTRY_SIMAMORA_170155201043_Teknik Informatika - BAB 1.pdf - Published Version Download (205kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
AGUS_RAJA_IVANTRY_SIMAMORA_170155201043_Teknik Informatika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (59kB) |
|
Text (Full Teks)
AGUS_RAJA_IVANTRY_SIMAMORA_170155201043_Teknik Informatika - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungpinang merupakan lembaga pemerintah yang memiliki kewenangan dalam mengurusi dokumen administrasi kependudukan masyarakat kota tanjungpinang. Dalam proses pelayanan masyarakat sudah seharusnya menerapkan sistem informasi yang memudahkan masyarakat dari segi kejelasan informasi serta waktu. Namun, saat ini masih ada beberapa produk layanan masyarakat yang masih kurang optimal pelayanannya seperti pada layanan pelaporan kematian atau pembuatan akta kematian dan pembuatan akta kartu identitas anak atau KIA. Berdasarkan kondisi dilapangan, maka perlu adanya sistem yang mampu menangani bahkan menyelesaikan permasalahan tersebut. Dalam penelitian ini peneliti mencoba merancang dan membangun sistem informasi pelayanan masyarakat dengan menerapkan salah satu metode pengembangan perangkat lunak yaitu Metode Waterfall. Dengan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak tersebut kualitas dari sistem yang dihasilkan akan baik, karena setiap pelaksanaannya dilakukan secara bertahap selain itu proses pengembangan model fase one by one. Dapat meminimalis kesalahan yang mungkin akan terjadi. Sehingga dengan diterapkannya tahapan-tahapan dalam Metode Waterfall hasil akhir berupa sistem informasi pelayanan masyarakat berbasis web dengan fitur pelayanan masyarakat berupa layanan pelaporan kematian, pembuatan KIA, serta layanan pengaduan masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 000. Ilmu Umum dan Komputer > 005.12. Sistem Analisa dan Desain Perangkat Lunak | |||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | user Teknik Informatika | |||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 06:41 | |||||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 06:41 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3921 |
Actions (login required)
View Item |