BUNGA, KUMALA ESKA and Leo Shanty, Isnaini and Elfitra, Legi (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN APLIKASI TIK TOK TERHADAP KEMAHIRAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Eska Bunga Kumala_180388201018_PBSI_Cover.pdf - Published Version Download (876kB) |
|
Text (Abstrak)
Eska Bunga Kumala_180388201018_PBSI_Abstrak.pdf - Published Version Download (77kB) |
|
Text (Bab I)
Eska Bunga Kumala_180388201018_PBSI_BAB I.pdf - Published Version Download (39kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Eska Bunga Kumala_180388201018_PBSI_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (171kB) |
|
Text (Full Text)
Eska Bunga Kumala_180388201018_PBSI_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah, melihat perbedaan hasil keterampilan menyusun teks prosedur siswa sesudah dan sebelum penggunaan metode pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi Tik Tok dan adakah pengaruh metode pembelajaran inkuiri ini terhadap keterampilan menysun teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 16 Tanjungpinang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi Tik Tok terhadap keterampilan menyusun teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 16 Tanjungpinang. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental Designs. Sampel penelitian berjumlah 54 orang siswa dari kelas VII. Menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik dan persyaratan analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes sesudah dan sebelum menggunakan metode pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi Tik Tok. Nilai rata-rata tes awal pretest sebelum menggunakan metode pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi Tik Tok sebesar 70,24 dan nilai rata rata tes akhir posttest meningkat setelah menggunakan metode pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi Tik Tok sebesar 89,66. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan menyusun teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 16 Tanjungpinang. Dengan demikian Ha yang berbunyi “Terdapat perbedaan hasil keterampilan menyusun teks prosedur sebelum menggunakan metode pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi Tik Tok dan sesudah menggunakan metode pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi Tik Tok pada siswa kelas VII SMP Negeri 16 Tanjungpinang”. (p-value 0,000 < 0,05) maka Ha diterima jadi, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi Tik Tok berpengaruh signifikan terhadapat keterampilan menyusun teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 16 Tanjungpinang. Kata kunci: Metode Pembelajaran Inkuiri, Aplikasi Tik Tok, Keterampilan Menyusun,Teks Prosedur.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.01 Public Schools/Sekolah Negeri 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 04:56 | |||||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 04:56 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3923 |
Actions (login required)
View Item |