Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN APLIKASI TIK TOK TERHADAP KEMAHIRAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

BUNGA, KUMALA ESKA and Leo Shanty, Isnaini and Elfitra, Legi (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN APLIKASI TIK TOK TERHADAP KEMAHIRAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Eska Bunga Kumala_180388201018_PBSI_Cover.pdf - Published Version

Download (876kB)
[img] Text (Abstrak)
Eska Bunga Kumala_180388201018_PBSI_Abstrak.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text (Bab I)
Eska Bunga Kumala_180388201018_PBSI_BAB I.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Eska Bunga Kumala_180388201018_PBSI_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (Full Text)
Eska Bunga Kumala_180388201018_PBSI_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah, melihat perbedaan hasil keterampilan menyusun teks prosedur siswa sesudah dan sebelum penggunaan metode pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi Tik Tok dan adakah pengaruh metode pembelajaran inkuiri ini terhadap keterampilan menysun teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 16 Tanjungpinang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi Tik Tok terhadap keterampilan menyusun teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 16 Tanjungpinang. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental Designs. Sampel penelitian berjumlah 54 orang siswa dari kelas VII. Menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik dan persyaratan analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes sesudah dan sebelum menggunakan metode pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi Tik Tok. Nilai rata-rata tes awal pretest sebelum menggunakan metode pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi Tik Tok sebesar 70,24 dan nilai rata rata tes akhir posttest meningkat setelah menggunakan metode pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi Tik Tok sebesar 89,66. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan menyusun teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 16 Tanjungpinang. Dengan demikian Ha yang berbunyi “Terdapat perbedaan hasil keterampilan menyusun teks prosedur sebelum menggunakan metode pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi Tik Tok dan sesudah menggunakan metode pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi Tik Tok pada siswa kelas VII SMP Negeri 16 Tanjungpinang”. (p-value 0,000 < 0,05) maka Ha diterima jadi, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi Tik Tok berpengaruh signifikan terhadapat keterampilan menyusun teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 16 Tanjungpinang. Kata kunci: Metode Pembelajaran Inkuiri, Aplikasi Tik Tok, Keterampilan Menyusun,Teks Prosedur.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDLeo, Shanty IsnainiNIP196207261986012001
UNSPECIFIEDElfitra, LegiNIP 198501292015042002
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.01 Public Schools/Sekolah Negeri
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: user Bahasa Indonesia
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:56
Last Modified: 04 Aug 2022 04:56
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3923

Actions (login required)

View Item View Item