Diniati, Sheila and Astuti, Puji and Febrian, Febrian (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING LEVEL BERPIKIR KUALITATIF PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
SHEILA DINIATI_180384202047_Pendidikan Matematika - Cover.pdf - Published Version Download (787kB) |
|
Text (Abstrak)
SHEILA DINIATI_180384202047_Pendidikan Matematika - Abstrak.pdf - Published Version Download (63kB) |
|
Text (BAB I)
SHEILA DINIATI_180384202047_Pendidikan Matematika - BAB I.pdf - Published Version Download (150kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
SHEILA DINIATI_180384202047_Pendidikan Matematika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (209kB) |
|
Text (Full Teks)
SHEILA DINIATI_180384202047_Pendidikan Matematika - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan instrumen tes Rigorous Mathematical Thinking level berpikir kualitatif pada materi barisan dan deret kelas XI SMA yang berkualitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan yaitu Define, Design, Develpment, dan Dissemination. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Tanjungpinang semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi instrumen, lembar angket validasi ahli dan lembar hasil uji coba produk. Data dari penilaian lembar validasi instrumen dan lembar agket validasi ahli dianalisis menggunakan skala likert dengan bantuan Microsoft Word 2010. Sedangkan data dari penilaian hasil uji coba produk dianalisis menggunakan software Anates Uraian versi 4.0.5. penelitian ini menghasilkan isntrumen tes yang berkualitas yang berkriteria valid, reliabel, tingkat kesukaran dan daya pembeda yang baik. Valid dari segi konten, konstruk, dan bahasa berdasarkan penilaian validator dan hasil uji validitas soal. Reliabel berdasarkan hasil uji reliabilitas soal dengan pencapaian kriteria sangat tinggi. Tingkat kesukaran soal yang baik dengan keragaman tingkat kesukaran butir soal yaitu sedang dan mudah. Daya pembeda soal yang baik dengan kesanggupan soal menggolongkan tingkat kemampuan peserta didik. Uji coba produk menghasilkan 20 butir soal uraian dengan alokasi waktu 2×40 menit
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2022 07:31 | |||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2022 07:31 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4071 |
Actions (login required)
View Item |