NURHALIZA, SITI HARDIANTHI and Yulita, Inelda and Willian, Nancy (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 LINGGA PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI MASA NEW NORMAL. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Siti Hardianthi Nurhaliza_170384204019_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
Siti Hardianthi Nurhaliza_170384204019_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version Download (336kB) |
|
Text (BAB I)
Siti Hardianthi Nurhaliza_170384204019_Pendidikan Kimia_BAB I.pdf - Published Version Download (911kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Siti Hardianthi Nurhaliza_170384204019_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (925kB) |
|
Text (Full Teks)
Siti Hardianthi Nurhaliza_170384204019_Pendidikan Kimia_Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran tatap muka terbatas merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan membatasi sejumlah kegiatan belajar tatap muka di sekolah, seperti pembatasan jam pelajaran, pembatasan interaksi dan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Pembelajaran tatap muka terbatas menjadi tantangan bagi pendidik dan peserta didik yang sebelumnya melakukan pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar dan faktor-faktor kesulitan belajar tersebut dalam pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) selama mata pelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket kesulitan belajar dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan belajar yang dijaring dibagi menjadi 3 kategori, yaitu teknis pembelajaran tatap muka terbatas, faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan hasil penelitian kesulitan belajar yang ditemukan antara lain, pada teknis pembelajaran tatap muka terbatas, dengan aspek yang menunjukkan kesulitan adalah aspek waktu pembelajaran yang singkat, aspek interaksi dengan teman dan aspek jam pelajaran yang padat atau tidak adanya jeda/istirahat. Kemudian, untuk kategori faktor internal dengan aspek yang menunjukkan kesulitan adalah aspek minat dan motivasi peserta didik. Lalu kategori terakhir, faktor eksternal dengan aspek yang menunjukkan kesulitan adalah aspek guru dan metode yang digunakannya.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2023 08:23 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2023 08:23 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4238 |
Actions (login required)
View Item |