MAHENDRA, YUSRIZAL and Elfitra, Legi and Zaitun, Zaitun (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAHIRAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 KOTA TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
YUSRIZAL_MAHENDRA_1880388201050_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
YUSRIZAL_MAHENDRA_1880388201050_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-Abstrak.pdf - Published Version Download (222kB) |
|
Text (BAB I)
YUSRIZAL_MAHENDRA_1880388201050_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesi-BAB I.pdf - Published Version Download (230kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
YUSRIZAL_MAHENDRA_1880388201050_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (118kB) |
|
Text (Full Teks)
YUSRIZAL_MAHENDRA_1880388201050_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui nilai kemahiran teks biografi siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kota Tanjungpinang tahun pelajaran 2022/2023 sebelum dan sesudah meggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write. Dan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap kemahiran teks biografi siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kota Tanjungpinang tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitati eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest. Sampel terdiri dari 2 siswa kelas X IPS. Teknik pengumpulan data adalah tes unjuk kerja membuat teks biografi tokoh. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan statistik dengan uji normalitas non parametrik kolmogorov-smirnov dan uji wilcoxon. Hasi penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kota Tanjungpinang peroleh sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write yaitu 44,93 dengan klasifikasi “kurang” dan 80,05 dengan klasifikasi “baik”. Nilai rata-rata tersebut menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think tal write terhadap kemahiran menulis teks biografi kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kota Tanjungpinang tahun pelajaran 2022/2023 dengan nilai asymp.sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 04:45 | |||||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 04:45 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4307 |
Actions (login required)
View Item |