Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAHIRAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 KOTA TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MAHENDRA, YUSRIZAL and Elfitra, Legi and Zaitun, Zaitun (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAHIRAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 KOTA TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
YUSRIZAL_MAHENDRA_1880388201050_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
YUSRIZAL_MAHENDRA_1880388201050_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-Abstrak.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (BAB I)
YUSRIZAL_MAHENDRA_1880388201050_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesi-BAB I.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
YUSRIZAL_MAHENDRA_1880388201050_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Full Teks)
YUSRIZAL_MAHENDRA_1880388201050_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui nilai kemahiran teks biografi siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kota Tanjungpinang tahun pelajaran 2022/2023 sebelum dan sesudah meggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write. Dan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap kemahiran teks biografi siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kota Tanjungpinang tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitati eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest. Sampel terdiri dari 2 siswa kelas X IPS. Teknik pengumpulan data adalah tes unjuk kerja membuat teks biografi tokoh. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan statistik dengan uji normalitas non parametrik kolmogorov-smirnov dan uji wilcoxon. Hasi penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kota Tanjungpinang peroleh sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write yaitu 44,93 dengan klasifikasi “kurang” dan 80,05 dengan klasifikasi “baik”. Nilai rata-rata tersebut menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think tal write terhadap kemahiran menulis teks biografi kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kota Tanjungpinang tahun pelajaran 2022/2023 dengan nilai asymp.sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDElfitra, LegiNIP.198501292015042002
UNSPECIFIEDZaitun, ZaitunNIP.197407202021212009
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: user Bahasa Indonesia
Date Deposited: 20 Jan 2023 04:45
Last Modified: 20 Jan 2023 04:45
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4307

Actions (login required)

View Item View Item