MAULINA, RENA and Rosmery T, Linda and Fera, Mirta (2023) PENGARUH PENGGUNAAN E-LKPD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR ARITMATIKA SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 16 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
RENA MAULINA_180384202038_Pendidikan Matematika_Cover.pdf Download (453kB) |
|
Text (Abstrak)
RENA MAULINA_180384202038_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf Download (483kB) |
|
Text (Bab I)
RENA MAULINA_180384202038_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf Download (732kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
RENA MAULINA_180384202038_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf Download (540kB) |
|
Text (Full Text)
RENA MAULINA_180384202038_Pendidikan Matematika_Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan sebuah bahan ajar E-LKPD dengan model Guided discovery terhadap hasil belajar aritmatika sosial. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan metode yang digunakan adalah kuantitatif. Data pada penelitian ini berupa hasil belajar aritmatika sosial yang belajar menggunakan bahan ajar E-LKPD dengan model Guided Discovery di SMPN 16 Tanjungpinang. Sumber data penelitian adalah hasil belajar pretest dan posttest peserta didik yang diberi perlakuan E-LKPD dan tidak diberikan perlakuan. Adapun subjek peserta didik dalam penelitian ini berjumlah 78 orang dengan masing-masing 39 orang di kelas kontrol dan 39 di kelas eksperimen dengan masing-masing 2 pertemuan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan E-LKPD dengan model guided discovery terhadap hasil belajar aritmatika sosial, yang ditunjukkan dengan hasil uji independent samples t-test dengan nilai uji t sebesar 5,531 dengan taraf signifikansi 5% menujukkan hasil signifikansi (2-tailed) yaitu 0,000 di bagi dua untuk menentukan signifikansi yang sesuai dengan hipotesis dalam penelitian ini yaitu menggunakan pengujian satu arah (one tailed). Nilai p-value sebesar 0,000 dibagi dua meghasilkan nilai p-value (one tailed) sebesar 0,000. Nilai p-value (one tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2023 04:31 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2023 04:31 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4324 |
Actions (login required)
View Item |