ANASARI, PEBI PITRI and Izzati, Nur and Liana, Metta (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK PASCA PANDEMI COVID-19 DENGAN GRADED RESPONSE MODELS (GRM) DALAM MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
PEBI PITRI ANASARI_190384202070_Pendidikan Matematika_Cover.pdf Download (448kB) |
|
Text (Abstrak)
PEBI PITRI ANASARI_190384202070_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (65kB) |
|
Text (BAB I)
PEBI PITRI ANASARI_190384202070_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version Download (185kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
PEBI PITRI ANASARI_190384202070_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (122kB) |
|
Text (Full Teks)
PEBI PITRI ANASARI_190384202070_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pasca pandemi Covid-19 dengan Graded Response Models (GRM) dalam menyelesaikan soal pecahan kelas VII SMP. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2022 di SMP Negeri 10 Tanjungpinang. Peneliti merupakan instrumen utama dan didukung oleh lembar tes, lembar angket, dan lembar pedoman wawancara. Empat peserta didik diambil sebagai subjek penelitian pada kriteria kemampuan berpikir kritis matematis sangat tinggi, tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket keseriusan peserta didik dalam menjawab soal tes, dan wawancara mendalam. Teknik analisis data secara umum terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data secara khusus adalah analisis kemampuan berpikir kritis matematis melalui rubrik penskoran dan pengelompokan serta analisis data tes kemampuan berpikir kritis matematis dengan GRM. Berdasarkan hasil penelitian, peserta didik pada kriteria sangat tinggi mampu menguasai kemampuan interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Peserta didik kriteria tinggi menguasai interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi pada soal 1 dan 2 saja. Peserta didik kriteria sedang dapat menguasai kemampuan interpretasi dan analisis pada soal 1 dan 2 namun pada soal 3 hanya mampu menguasai kemampuan interpretasi. Peserta didik dengan kriteria rendah hanya mampu menguasai kemampuan interpretasi. Berdasarkan estimasi parameter kemampuan berpikir kritis dengan GRM, empat peserta didik tersebut tergolong pada rentang 0,00-1,00 dengan kriteria rata-rata. Temuan penelitian ini adalah pasca pandemi Covid-19 peserta didik pada kriteria sedang dan rendah belum mampu menguasai kemampuan evaluasi dan inferensi dengan baik.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 05:57 | |||||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 05:57 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4336 |
Actions (login required)
View Item |