SYARIPAH, SYARIPAH and Izzati, Nur and Nur Asma Riani, Siregar (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PMRI PADA PEMBELAJARAN PERBANDINGAN SESUAI KURIKULUM MERDEKA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Syaripah_190384202028_Pendidikan Matematika__Cover.pdf - Published Version Download (428kB) |
|
Text (Abstrak)
Syaripah_190384202028_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (59kB) |
|
Text (Bab I)
Syaripah_190384202028_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version Download (91kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Syaripah_190384202028_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (84kB) |
|
Text (Full Teks)
Syaripah_190384202028_Pendidikan Matematika__FullTeks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan hasil belajar peserta didik dengan pendekatan PMRI dan peserta didik yang mendapatkan pendekatan PMRI lebih tinggi daripada peserta didik yang mendapatkan pembelajaran ekspositori pada pembelajaran perbandingan sesuai kurikulum merdeka di kelas VII SMP. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian menggunakan tes, observasi dan angket. Instrumen yang digunakan yaitu lembar tes, lembar observasi implementasi pembelajaran PMRI sesuai kurikulum merdeka dan lembar angket respon peserta didik. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Data primer dalam penelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar. Sementara data sekunder terkait implementasi pembelajaran PMRI sesuai kurikulum merdeka menggunakan lembar observasi dan respon peserta didik menggunakan instrumen angket. Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh data hasil belajar tidak berdistribusi normal sehingga digunakan pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney U. Hasil analisis uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dengan pendekatan PMRI pada pembelajaran perbandingan sesuai kurikulum merdeka di kelas VII SMP. Kemudian hasil uji Mann-Whitney U menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan pendekatan PMRI lebih tinggi dari peserta didik yang mendapatkan pembelajaran ekspositori pada pembelajaran perbandingan sesuai kurikulum merdeka di kelas VII SMP.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2023 01:14 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2023 01:14 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4349 |
Actions (login required)
View Item |