Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI LAJU REAKSI DI MAN TANJUNGPINANG

AULIA, INTAN ELVA and Silitonga, Friska Septiani and Pardi, Hilfi (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI LAJU REAKSI DI MAN TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Intan Elva Aulia_180384204013_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
Intan Elva Aulia_180384204013_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (BAB I)
Intan Elva Aulia_180384204013_Pendidikan Kimia_BAB I.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Intan Elva Aulia_180384204013_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (485kB)
[img] Text (Full Teks)
Intan Elva Aulia_180384204013_Pendidikan Kimia__Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Modul elektronik merupakan sarana inovatif yang dapat mewujudkan pembelajaran yang interaktif dan berpusat kepada peserta didik dan dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Modul elektronik berbasis pendidikan karakter dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman serta nilai nilai karakter seperti gemar membaca dan rasa ingin tahu peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik berbasis pendidikan karakter pada materi laju reaksi yang valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model penelitian Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap analisis kebutuhan (needs assessment), tahap desain (design), dan tahap pengembangan dan implementasi (development and implementation). Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini berasal dari 2 dosen, 1 orang pendidik dan 28 peserta didik kelas XI IPA 1 MAN Tanjungpinang. Hasil validasi materi dan bahan ajar pada modul elektronik berbasis pendidikan karakter pada materi laju reaksi adalah 75% dengan kriteria valid dan 81,67% dengan kriteria sangat valid. Hasil praktikalitas pendidik dan peserta didik diperoleh 85% dengan kriteria sangat praktis dan 91,82% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa modul elektronik berbasis pendidikan karakter pada materi laju reaksi layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDSilitonga, Friska SeptianiNIP.198909092019032022
UNSPECIFIEDPardi, HilfiNIP.198906012019031013
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 20 Jan 2023 06:00
Last Modified: 20 Jan 2023 06:00
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4353

Actions (login required)

View Item View Item