AULIA, INTAN ELVA and Silitonga, Friska Septiani and Pardi, Hilfi (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI LAJU REAKSI DI MAN TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Intan Elva Aulia_180384204013_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
Intan Elva Aulia_180384204013_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version Download (255kB) |
|
Text (BAB I)
Intan Elva Aulia_180384204013_Pendidikan Kimia_BAB I.pdf - Published Version Download (391kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Intan Elva Aulia_180384204013_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (485kB) |
|
Text (Full Teks)
Intan Elva Aulia_180384204013_Pendidikan Kimia__Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Modul elektronik merupakan sarana inovatif yang dapat mewujudkan pembelajaran yang interaktif dan berpusat kepada peserta didik dan dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Modul elektronik berbasis pendidikan karakter dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman serta nilai nilai karakter seperti gemar membaca dan rasa ingin tahu peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik berbasis pendidikan karakter pada materi laju reaksi yang valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model penelitian Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap analisis kebutuhan (needs assessment), tahap desain (design), dan tahap pengembangan dan implementasi (development and implementation). Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini berasal dari 2 dosen, 1 orang pendidik dan 28 peserta didik kelas XI IPA 1 MAN Tanjungpinang. Hasil validasi materi dan bahan ajar pada modul elektronik berbasis pendidikan karakter pada materi laju reaksi adalah 75% dengan kriteria valid dan 81,67% dengan kriteria sangat valid. Hasil praktikalitas pendidik dan peserta didik diperoleh 85% dengan kriteria sangat praktis dan 91,82% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa modul elektronik berbasis pendidikan karakter pada materi laju reaksi layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 06:00 | |||||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 06:00 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4353 |
Actions (login required)
View Item |