PRATIWI, INGGIT and Willian, Nancy and Fitriyah, Dina (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK SISWA SMA/MA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Inggit Pratiwi_180384204002_Pendidikan Kimia - Cover.pdf - Published Version Download (500kB) |
|
Text (Abstrak)
Inggit Pratiwi_180384204002_Pendidikan Kimia - Abstrak.pdf - Published Version Download (109kB) |
|
Text (BAB I)
Inggit Pratiwi_180384204002_Pendidikan Kimia - BAB I.pdf - Published Version Download (203kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Inggit Pratiwi_180384204002_Pendidikan Kimia - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (246kB) |
|
Text (Full Text)
Inggit Pratiwi_180384204002_Pendidikan Kimia - Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Sistem belajar dimasa pandemi membuat berkurangnya minat belajar siswa. Salah satunya pada mata pelajaran kimia pada bagian materi Laju Reaksi. Menurut siswa, materi tersebut sangat sulit jika di pelajari melalui online, tidak bisa dipahami jika dalam bayangan saja. Materi tersebut juga kebanyakan berbentuk hafalan rumus. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik berbasis discovery learning pada materi laju reaksi untuk siswa SMA/MA yang valid dan praktis serta dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penerapan model discovery learning diharapkan mampu meningkatkan kemandirian siswa untuk terlibat langsung dalam memecahkan masalah pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: Analysis (Analisis), Design (Desain atau Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Tanjungpinang dengan subjek penelitian yang terdiri dari 1 validator ahli materi, 1 validator ahli media serta subjek praktikalitas terhadap 31 siswa kelas XI MIPA 1 dan 1 orang guru kimia. Berdasarkan hasil validasi media dan materi dari penelitian dan pengembangan modul elektronik berbasis discovery learning pada materi laju reaksi untuk siswa SMA/MA diperoleh hasil 81,25% dan 70,5% dengan kategori valid/dapat digunakan namun perlu revisi kecil. Sedangkan pada hasil uji praktikalitas modul elektronik berbasis discovery learning pada materi laju reaksi untuk siswa SMA/MA terhadap 1 guru kimia dan 31 siswa diperoleh hasil 84,02% dan 88,1% dengan kriteria sangat praktis dapat digunakan tanpa revisi. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul elektronik berbasis discovery learning pada materi laju reaksi untuk siswa SMA/MA valid dan praktis serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2023 01:44 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2023 01:44 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4365 |
Actions (login required)
View Item |