SITANGGANG, FEBRIYANI TETTY and Irawan, Bony and Nevrita, Nevrita (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP KOMPETENSI KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 BINTAN TIMUR. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
FEBRIYANI TETTY SITANGGANG_180384205008_PENDIDIKAN BIOLOGI_COVER.pdf - Published Version Download (316kB) |
|
Text (Abstrak)
FEBRIYANI TETTY SITANGGANG_180384205008_PENDIDIKAN BIOLOGI_ABSTRAK.pdf - Published Version Download (47kB) |
|
Text (BAB I)
FEBRIYANI TETTY SITANGGANG_180384205008_PENDIDIKAN BIOLOGI_BAB I.pdf - Published Version Download (67kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
FEBRIYANI TETTY SITANGGANG_180384205008_PENDIDIKAN BIOLOGI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (102kB) |
|
Text (Full Teks)
FEBRIYANI TETTY SITANGGANG_180384205008_PENDIDIKAN BIOLOGI_FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan Kahoot terhadap kompetensi kognitif dan motivasi belajar peserta didik pada materi sistem pertahanan tubuh. penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian yaitu nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Bintan Timur. Penelitian dilaksanakan di dua kelas, pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan Kahoot pada kelas XI IPA 3 sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Problem-based learning tanpa menggunakan Kahoot pada kelas XI IPA 4. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes dan angket yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang didapat dengan menggunakan uji t, Mann-Whitney dan uji Manova diketahui: Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model Teams Games Tournament terhadap Kompetensi kognitif dan motivasi belajar peserta didik yang ditunjukkan dari nilai sig. yaitu 0,000 < 0,05 maka dengan ini dinyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat digunakan sebagai model pembelajaran alternatif untuk menunjang proses pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi kognitif dan motivasi peserta didik menjadi lebih baik. Kata kunci: Teams Games Tournament, Kompetensi Kognitif, Motivasi
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | user biologi | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2023 07:33 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2023 07:33 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4396 |
Actions (login required)
View Item |