AFRITA, SUCI and Willian, Nancy and Fitriani, Rita (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI TERMOKIMIA DI SMA NEGERI 4 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
SUCI_AFRITA_180384204030_Pendidikan Kimia - Cover.pdf - Published Version Download (699kB) |
|
Text (Abstrak)
SUCI_AFRITA_180384204030_Pendidikan Kimia - Abstrak.pdf - Published Version Download (149kB) |
|
Text (BAB I)
SUCI_AFRITA_180384204030_Pendidikan Kimia - BAB I.pdf - Published Version Download (226kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
SUCI_AFRITA_180384204030_Pendidikan Kimia - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (281kB) |
|
Text (Full teks)
SUCI_AFRITA_180384204030_Pendidikan Kimia - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran daring semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 metode ceramah yang digunakan pendidik ternyata kurang efektif untuk diterapkan kepada siswa sehingga siswa sulit memahami materi yang telah diajarkan, waktu pembelajaran yang cukup singkat juga membuat pendidik kesusahan dalam mengondisikan pembelajaran. Akibat penggunaan metode pembelajaran tersebut minat dalam belajar siswa berkurang, bisa dilihat dari reaksi siswa saat proses pembelajaran yang sering mengabaikan pendidik. Pada materi termokimia siswa sangat kesulitan memahami materi tersebut, karena materi termokimia tidak hanya memahami materi yang bersifat konseptual saja melainkan harus memahami materi hitungan. Melalui wawancara kembali kepada pendidik bahwasanya pembelajaran semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 sudah kembali luring akan tetapi metode pembelajaran yang digunakan masih sama seperti disaat diberlakukannya pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dan menemukan solusi dari permasalahan pembelajaran pada materi termokimia pada kelas XI di SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Subjek penelitian ini adalah 1 orang pendidik dan 68 orang peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui pengisian angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor kesulitan belajar daring dan luring siswa terbagi menjadi faktor internal dan ekternal, yaitu: Faktor internal: minat dan motivasi belajar siswa kurang, tidak memiliki kemampuan memahami materi pada pemahaman hitungan, belum terbiasa melakukan pembelajaran daring. Faktor eksternal: cara mengajar guru, lingkungan belajar yang tidak kondusif, kurangnya fasilitas belajar untuk pembelajaran daring dan jaringan internet yang kurang stabil. Sebelum melakukan pembelajaran siswa terlebih dulu untuk belajar materi yang akan diajarkan dengan cara berdiskusi dengan teman, melihat penjelasan dari youtube, atau mengerjakan contoh-contoh soal terlebih dahulu agar pada saat pembelajaran daring maupun luring siswa sedikit mengerti dengan materi yang akan disampaikan guru sehingga resiko guru mengulang pemaparan materi tidak berulang-ulang.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 07:36 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 07:36 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4399 |
Actions (login required)
View Item |