Marni, Marni and Hindrasti, Nur Eka Kusuma and Sarkity, Dios (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS VIII SMP NEGERI 10 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Marni_180384205032_Pendidikan Biologi_Cover.pdf Download (298kB) |
|
Text (Abstrak)
MARNI_180384205032_Pendidikan Biologi_Abstrak.pdf Download (102kB) |
|
Text (Bab I)
MARNI_180384205032_Pendidikan Biologi_BAB 1.pdf Download (741kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
MARNI_180384205032_Pendidikan Biologi_Daftar Pustaka.pdf Download (183kB) |
|
Text (Full Text)
Marni_180384205032_Pendidikan Biologi_Fullteks.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Marni. 2023. Pengaruh Penerapan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Partisipasi Belajar Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Kelas VIII SMP Negeri 10 Tanjungpinang. Skripsi. Tanjungpinang: Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing I: Assist. Prof. Nur Eka Kusuma Hindrasti, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing II: Assist. Prof. Dios Sarkity, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS), Partisipasi Belajar Siswa, Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap partisipasi belajar siswa pada materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Kelas VIII SMP Negeri 10 Tanjungpinang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental design dengan skema post test only group design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII 5 sebagai kelas control dan kelas VIII 6 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi partisipasi belajar siswa yang memuat 8 aspek partisipasi, yaitu visual, oral, listening, writing, drawing, motor, mental, dan emotional. Teknik analisis data menggunakan uji independent samle T-test untuk uji hipotesis. Berdasrkan uji independent t-test didapatkan hasil signifikan lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat dinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh metode JAS terhadap partisipasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | user biologi | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2023 08:56 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2023 08:56 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4450 |
Actions (login required)
View Item |