Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGARUH PENERAPAN METODE JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS VIII SMP NEGERI 10 TANJUNGPINANG

Marni, Marni and Hindrasti, Nur Eka Kusuma and Sarkity, Dios (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS VIII SMP NEGERI 10 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Marni_180384205032_Pendidikan Biologi_Cover.pdf

Download (298kB)
[img] Text (Abstrak)
MARNI_180384205032_Pendidikan Biologi_Abstrak.pdf

Download (102kB)
[img] Text (Bab I)
MARNI_180384205032_Pendidikan Biologi_BAB 1.pdf

Download (741kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
MARNI_180384205032_Pendidikan Biologi_Daftar Pustaka.pdf

Download (183kB)
[img] Text (Full Text)
Marni_180384205032_Pendidikan Biologi_Fullteks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Marni. 2023. Pengaruh Penerapan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Partisipasi Belajar Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Kelas VIII SMP Negeri 10 Tanjungpinang. Skripsi. Tanjungpinang: Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing I: Assist. Prof. Nur Eka Kusuma Hindrasti, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing II: Assist. Prof. Dios Sarkity, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS), Partisipasi Belajar Siswa, Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap partisipasi belajar siswa pada materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Kelas VIII SMP Negeri 10 Tanjungpinang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental design dengan skema post test only group design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII 5 sebagai kelas control dan kelas VIII 6 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi partisipasi belajar siswa yang memuat 8 aspek partisipasi, yaitu visual, oral, listening, writing, drawing, motor, mental, dan emotional. Teknik analisis data menggunakan uji independent samle T-test untuk uji hipotesis. Berdasrkan uji independent t-test didapatkan hasil signifikan lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat dinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh metode JAS terhadap partisipasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDHindrasti, Nur Eka KusumaNIP. 198905232014042001
UNSPECIFIEDSarkity, DiosNIP.199111092019031013
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: user biologi
Date Deposited: 24 Jan 2023 08:56
Last Modified: 24 Jan 2023 08:56
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4450

Actions (login required)

View Item View Item