MUFIDAH, UMMI and Irawan, Bony and Muhartati, Erda (2023) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN PENALARAN ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS X MAN TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
UMMI_MUFIDAH_180384205048_Pendidikan Biologi_Cover.pdf - Published Version Download (268kB) |
|
Text (Abstrak)
UMMI_MUFIDAH_180384205048_Pendidikan Biologi_Abstrak.pdf - Published Version Download (31kB) |
|
Text (BAB I)
UMMI_MUFIDAH_180384205048_Pendidikan Biologi_BAB I.pdf - Published Version Download (110kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
UMMI_MUFIDAH_180384205048_Pendidikan Biologi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (100kB) |
|
Text (Full Teks)
UMMI_MUFIDAH_180384205048_Pendidikan Biologi - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara efikasi diri terhadap hasil belajar, penalaran ilmiah terhadap hasil belajar dan efikasi diri dan penalaran ilmiah terhadap hasil belajar biologi pada siswa kelas X MAN Tanjungpinang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 118 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket efikasi diri dan uji tes soal penalaran ilmiah serta peneliti menggunakan dokumentasi rata rata nilai UTS dan UAS siswa. Untuk mengukur hubungan efikasi diri dan penalaran ilmiah terhadap hasil belajar biologi pada siswa kelas X MAN Tanjungpinang, data dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase uji pearson product moment (Tunggal) dan uji korelasi ganda (multiple correlation). Indikator efikasi diri yang diteliti yaitu tingkat (level/ magnitude), luas bidang tingkah laku (generality), kekuatan (strength). Penalaran ilmiah yaitu, inklusi kelas (class inclusion), seriasi (serial ordering), menerapkan teori (theoritical reasoning), menganalisis hubungan fungsional (functionality reasoning), pola penalaran (correlation reasoning). Diperoleh hasil penelitian Terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MAN Tanjungpinang. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara penalaran ilmiah terhadap hasil belajar. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap hasil belajar. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dan penalaran ilmiah secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi pada siswa kelas X MAN Tanjungpinang. Adapun kategori hubungan kedua variabel adalah sangat kuat, dengan nilai koefisien determinasi antara efikasi diri terhadap hasil belajar sebesar 70,7%, koefisien determinasi antara penalaran ilmiah terhadap hasil belajar sebesar 73,3%, dan koefisien determinasi antara efikasi diri dan penalaran ilmiah secara bersama-sama terhadap hasil belajar didapatkan koefisien determinasi sebesar 78,0 %.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | user biologi | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2023 03:16 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2023 03:16 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4459 |
Actions (login required)
View Item |