SAZALI, MUHAMMAD and Izzati, Nur and Liana, Metta (2023) PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
MUHAMMAD_SAZALI_190384202010_Pendidikan_Matematika-Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
MUHAMMAD_SAZALI_190384202010_Pendidikan_Matematika-Abstrak.pdf Download (496kB) |
|
Text (BAB I)
MUHAMMAD_SAZALI_190384202010_Pendidikan_Matematika-BAB I.pdf Download (441kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
MUHAMMAD_SAZALI_190384202010_Pendidikan_Matematika-Daftar Pustaka.pdf Download (413kB) |
|
Text (Full Teks)
MUHAMMAD_SAZALI_190384202010_Pendidikan_Matematika-Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Sazali, Muhammad. 2022. Peningkatan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Model Project Based Learning Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP. Skripsi. Tanjungpinang: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Pembimbing 1: Assist. Prof. Dr. Nur Izzati, S.Pd., M.Si. Pembimbing II: Assist. Prof. Metta Liana, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Komunikasi Matematis, Project Based Learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model project based learning dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung pada kelas VIII SMP Negeri 16 Tanjungpinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment dengan desain pretest-posttest control group. Populasi pada penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII SMP Negeri 16 Tanjungpinang tahun ajaran 2022-2023 yaitu kelas VIIIA sampai VIIIF. Sampel diambil melalui teknik cluster random sampling dengan cara mengundi enam kelas sehingga didapatkan dua kelas sampel, yaitu kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes soal uraian untuk mengukur komunikasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Hasil penelitian diperoleh rata-rata peningkatan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,39, sedangkan rata-rata peningkatan komunikasi kelas kontrol sebesar 0,28. Pada uji independent t-test, nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,018. Karena uji yang dilakukan adalah uji satu pihak (uji pihak kanan), maka P-value = 1/2×0,018 = 0,009 dan diketahui 0,009 ≤ 0,05, sehingga H_a diterima. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa peningkatan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen yang belajar menggunakan model project based learning lebih tinggi dibandingkan peningkatan komunikasi matematis siswa kelas kontrol yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. ABSTRACT
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 01:41 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 01:41 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4485 |
Actions (login required)
View Item |