RIZKI NURMITHA, CAMELIA and Eka Kusuma Hindrasti, Nur and Nevrita, Nevrita (2023) ANALISIS PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN SEDERAJAT SE BINTAN TIMUR. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
CAMELIA_RIZKI_NURMITHA_180384205030_PENDIDIKAN_BIOLOGI - COVER.pdf - Published Version Download (505kB) |
|
Text (Abstrak)
CAMELIA_RIZKI_NURMITHA_180384205030_PENDIDIKAN_BIOLOGI - Abstrak.pdf - Published Version Download (408kB) |
|
Text (Bab I)
CAMELIA_RIZKI_NURMITHA_180384205030_PENDIDIKAN_BIOLOGI - BAB I.pdf - Published Version Download (643kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
CAMELIA_RIZKI_NURMITHA_180384205030_PENDIDIKAN_BIOLOGI - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (857kB) |
|
Text (Full Teks)
CAMELIA_RIZKI_NURMITHA_180384205030_PENDIDIKAN_BIOLOGI - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak atas terjadinya wabah pendemi Covid-19. Aspek-aspek kehidupan pun ikut terganggu tak terkecuali aspek pendidikan. Akibatnya pembelajaran di sekolah yang biasanya dilakukan secara tatap muka, kini dilakukan dari rumah. Untuk tetap menjaga mutu pendidikan, pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri di Bintan Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan angket tertutup. Kuesioner tertutup digunakan untuk mengumpulkan data utama dan kuesioner terbuka untuk mengumpulkan data pendukung. Peneliti menggunakan kriteria penilaian skala Likert untuk mengukur hasil angket tertutup terhadap persepsi guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persepsi guru berada pada kategori baik dengan persentase 71% dan persepsi siswa berada pada kategori baik dengan persentase 67%. Kesulitan guru dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas yaitu pada saat menyiapkan perangkat pembelajaran dan penyampaian materi sedangkan kesulitan siswa pada saat melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas yaitu pada saat menerima materi dari guru. Penerapan pembelajaran tatap muka terbatas di SMP se-Bintan Timur sesuai dengan edaran pedoman pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di Kabupaten Bintan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | user biologi | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 03:26 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 03:26 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4487 |
Actions (login required)
View Item |