Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI SISTEM EKSKRESI SISWA KELAS VIII SMP IT AL-MADINAH TANJUNGPINANG

ASTIKASARI, WINDA and Muhartati, Erda and Hindrasti, Nur Eka Kusuma (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI SISTEM EKSKRESI SISWA KELAS VIII SMP IT AL-MADINAH TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
WINDA_ASTIKASARI_160384205057_Pendidikan_Biologi- Cover.pdf - Published Version

Download (629kB)
[img] Text (Abstrak)
WINDA_ASTIKASARI_160384205057_Pendidikan_Biologi- Abstrak.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (BAB I)
WINDA_ASTIKASARI_160384205057_Pendidikan_Biologi- BAB I.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
WINDA_ASTIKASARI_160384205057_Pendidikan_Biologi- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (Full Teks)
WINDA_ASTIKASARI_160384205057_Pendidikan_Biologi- Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan kognitif pada siswa kelas VIII SMP IT Al –Madinah Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian post-test only control desaign. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan kognitif dengan mengamati enam taksonomi bloom yaitu: pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Shaffiyah di SMP IT Al – Madinah Tanjungpinang yang berjumlah 34 orang siswa. Kelas kontrol menggunakan model konvensional Student Teams Achievement Divisions dan kelas eksperimen menggunakan model project based learning. Materi yang diajarkan yaitu sistem ekskresi dengan melakukan praktikum secara berkelompok. Data penelitian didapatkan dari hasil post-test. Hasil penelitian menggunakan uji t test menunjukkan bahwa sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan pada hasil post-test kemampuan kognitif siswa setelah menggunakan model project based learning pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDMuhartati, ErdaNIDN. 0013098701
UNSPECIFIEDHindrasti, Nur Eka KusumaNIP. 198905232014042001
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: user biologi
Date Deposited: 24 Jan 2023 06:39
Last Modified: 24 Jan 2023 06:39
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4490

Actions (login required)

View Item View Item