Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN INSTRUMEN FIVE TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DAN PENYEBABNYA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

RAMADHANI, ILHAM and Pardi, Hilfi and Fitriyah, Dina (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN FIVE TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DAN PENYEBABNYA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (COVER)
ILHAM RAMADHANI_180384204016_KIMIA_COVER.pdf - Published Version

Download (718kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
ILHAM RAMADHANI_180384204016_KIMIA_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ILHAM RAMADHANI_180384204016_KIMIA_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text (BAB 1)
ILHAM RAMADHANI_180384204016_KIMIA_BAB 1.pdf - Published Version

Download (365kB)
[img] Text (FULL TEKS)
ILHAM RAMADHANI_ 180384204016_ Pendidikan Kimia_Skripsi_Full_Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah instrumen berupa five tier multiple choice diagnostic test untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa dan penyebabnya pada materi Hidrolisis Garam. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Teluk Sebong. Hasil dari uji miskonsepsi, ditemukan miskonsepsi siswa sebesar 27.5% pada kesetimbangan ion dalam larutan garam, 37.5% miskonsepsi siswa pada identifikasi perubahan warna indikator lakmus merah dan biru dalam beberapa larutan garam, 35% miskonsepsi siswa pada analisis sifat asam basa dari suatu larutan garam, 45% miskonsepsi siswa pada analisis reaksi kesetimbangan ion dalam larutan garam, dan 29% miskonsepsi siswa saat menentukan pH larutan garam. Sumber jawaban siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 79,07% bersumber dari pemikiran siswa sendiri sementara 20,93% bersumber dari penjelasan guru.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDPardi, HilfiNIP.198906012019031013
UNSPECIFIEDFitriyah, DinaNIP.198804222019032015
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:17
Last Modified: 26 Jan 2023 08:17
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4558

Actions (login required)

View Item View Item